ARTIKEL : PENINGKATAN GERAK DASAR MERODA DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MELALUI METODE BAGIAN

Iyakrus, Iyakrus (2022) ARTIKEL : PENINGKATAN GERAK DASAR MERODA DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MELALUI METODE BAGIAN. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 6 (1). pp. 87-92. ISSN 08528322

[thumbnail of ARTIKEL PENINGKATAN GERAK DASAR MERODA DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MELALUI METODE BAGIAN.pdf] Text
ARTIKEL PENINGKATAN GERAK DASAR MERODA DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MELALUI METODE BAGIAN.pdf

Download (214kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan gerak dasar meroda dalam pembelajaran senam lantai pada siswa kelas V SD Negeri 200 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (refleksion). Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 200 berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengemati dan mengevaluasi aspek apektif, psikomotorik dan kognitif siswa melalui lembar evaluasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan analisis persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus satu terjadi ketuntasan hasil belajar meningkat dari pra siklus sebesar 33% atau sebelumnya hanya 13 orang siswa yang tuntas meningkat menjadi 24 orang dari 33 siswa. Sedangkan pada siklus kedua peningkatan terjadi sebesar 48% atau sebelumnya hanya 24 siswa yang tuntas meningkat menjadi 29 orang dari 33 siswa. Persentase ketuntasan perkelas mencapai angka 87,87% melampaui target ketuntasan sebesar 75%

Item Type: Article
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Reviewer of Journal/Conference
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 85101-Sports Education (S2)
Depositing User: Iyakrus Iyakrus
Date Deposited: 09 Apr 2023 05:06
Last Modified: 09 Apr 2023 05:06
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/94661

Actions (login required)

View Item View Item