DETERMINAN BUDAYA KESELAMATAN PADA PEKERJA HULU MINYAK DAN GAS_SIMILARITY

Novrikasari, Novrikasari (2022) DETERMINAN BUDAYA KESELAMATAN PADA PEKERJA HULU MINYAK DAN GAS_SIMILARITY. Turnitin Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of DETERMINAN BUDAYA KESELAMATAN PADA PEKERJA HULU MINYAK DAN GAS.pdf] Text
DETERMINAN BUDAYA KESELAMATAN PADA PEKERJA HULU MINYAK DAN GAS.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perilaku budaya keselamatan telah menjadi faktor vital untuk mengurangi dan mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Meningkatnya angka kecelakaan kerja disebabkan oleh rendahnya perilaku keselamatan di tempat kerja. Penyebab utama terjadinya kasus kecelakaan kerja pada umumnya dipengaruhi oleh faktor personal dan situasional. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis determinan perilaku budaya keselamatan pada Pekerja PT X Hulu Minyak dan Gas Provinsi Sumatera Selatan. Metode penelitian menggunakan observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian dengan metode proporsi sampling yang berjumlah 198 pekerja. Analisa data menggunakan uji Chi Square. Hasil analisis bivariat menunjukkan lokasi pekerjaan (p value 0,040), komitmen top Manajemen (p value 0,049), komunikasi K3 (p value 0,000), lingkungan kerja (p value 0,049), dan kompetensi (p value 0,026) terbukti signifikan mempengaruhi perilaku budaya keselamatan. Sedangkan variabel penelitian jenis kelamin (p value 0,157), status pegawai (p value 0,703), umur (p value 0,355), kebijakan (p value 0,747), peraturan dan prosedur K3 (p value 0,287), keterlibatan pekerja dalam K3 (p value 1,000) dan pendidikan (p value 0,904) tidak terbukti signifikan mempengaruhi perilaku budaya keselamatan pada pekerja PT X Hulu Minyak dan Gas Provinsi Sumatera Selatan. Sedangkan analisis multivariat menunjukkan bahwa variabel komunikasi K3 merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap perilaku budaya keselamatan pada pekerja PT X Hulu Minyak dan Gas Provinsi Sumatera Selatan. Oleh karena itu diharapkan perusahaan lebih komitmen top manajemen, komunikasi K3 terutama pada pekerja di lapangan, serta meningkatkan kompetensi pekerja dengan berbagai pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja baik yang dilaksanakan oleh perusahaan maupaun pihak luar.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 10-Faculty of Public Health > 13101-Public Health Science (S2)
Depositing User: Dr Novrikasari Novrikasari
Date Deposited: 09 Apr 2023 14:03
Last Modified: 09 Apr 2023 14:03
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/94822

Actions (login required)

View Item View Item