HUBUNGAN PERAN KELUARGA DALAM DETEKSI DINI DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA ANAK BALITA_SIMILARITY

Novrikasari, Novrikasari (2022) HUBUNGAN PERAN KELUARGA DALAM DETEKSI DINI DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA ANAK BALITA_SIMILARITY. Turnitin Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of HUBUNGAN PERAN KELUARGA DALAM DETEKSI DINI DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA ANAK BALITA.pdf] Text
HUBUNGAN PERAN KELUARGA DALAM DETEKSI DINI DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA ANAK BALITA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah stunting di Indonesia adalah ancaman serius yang memerlukan penanganan yang tepat. Tingginya kejadian stunting pada anak terutama di Kabupaten Muaro Jambi oleh karena kekurangan asupan nutrisi, dan kurangnya pemahaman masyarakat tentang nilai gizi balita, dalam hal ini secara tidak langsung berhubungan dengan adanya peran keluarga. Peran keluarga sebagai motivator, edukator, fasilitator dalam memberikan pola makan yang baik terhadap anggota keluarga dengan balita stunting sangat mendukung kesehatan keluarga.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik dan peran keluarga dalam deteksi dini dengan kejadian stunting pada anak usia balita di Kabupaten Muaro Jambi. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 93 responden. Sampel dalam penelitian ini adalah semua balita. Sedangkan respondennya ibu balita. Hasil penelitian bivariat menunjukan ada hubungan karakteristik (pendidikan ibu, pendidikan ayah, pekerjaan ibu, pendapatan keluarga, peran keluarga) dengankejadian stunting pada anak usia balita diKabupatenMuaro Jambi nilai pvalue < 0,05. Berdasarkan hasil seleksi bivariat dari 5 variabel independen yang memiliki hubungan paling erat dengan kejadian stunting adalah peran keluarga karenamemiliki signifikan <0,25. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberi dasar informasi ilmiah tentang hubungan Peran keluarga terhadap deteksi dini kejadian stunting sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan untuk penelitian lebih lanjut mengenai faktorfaktor lain yang mempengaruhikejadian stunting.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 10-Faculty of Public Health > 13101-Public Health Science (S2)
Depositing User: Dr Novrikasari Novrikasari
Date Deposited: 09 Apr 2023 13:55
Last Modified: 09 Apr 2023 13:55
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/94823

Actions (login required)

View Item View Item