(Turnitin) PERLINDUNGAN NEIGHBORING RIGHTS DALAM PERSPEKTIF HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL DI INDONESIA

Suhadi AR, Antonius and Rasyid, Muhamad and Handayani, Sri (2013) (Turnitin) PERLINDUNGAN NEIGHBORING RIGHTS DALAM PERSPEKTIF HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL DI INDONESIA. FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SRIWIJAYA, Palembang.

[thumbnail of Cek Turnitin Jurnal-Neigboring Right.pdf] Text
Cek Turnitin Jurnal-Neigboring Right.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://fh.unsri.ac.id/

Abstract

Hak Kekayaan Intelektual dibangun sebagai instrumen yang berbasis pengakuan, penghargaan, dan perlindungan terhadap hak atas kreasi intelektual yang diberikan sebagaimana lazimnya hak milik yang mempunyai nilai ekonomi dan sekaligus menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi. Sejauh menyangkut pengakuan dan penghargaan, yang diperlukan adalah timbulnya sikap apresiasi yang membentuk etika dan budaya hukum dalam lingkungan masyarakat. Selanjutnya jaminan perlindungan yang harus disediakan oleh negara, yaitu sistem hukum HKI. Neighboring Rights dalam lapangan perlindungan hukum hak kekayaan intelektual pengaturannya diatur dalam Rome Convention dan dalam Undang-undang Nomor 19 tahun 2002 Tentang Hak Cipta. Neighboring Rights dirumuskan sebagai ”rights related to” or “neihgboring on” copy rights (hak yang ada kaitannya, yang ada hubungannya dengan atau”berbanding dengan” hak cipta. Hak atas Neihgboring Rights ini seringkali terabaikan, berbagai bentuk pelanggaran Neighboring Rights tampaknya juga memperoleh sikap pembiaran. Dampak kerugian akibat pelanggaran Neighboring Rights dapat membunuh kreatifitas pihak-pihak terkait. Namun, tiadanya parameter untuk mengukur tingkat keseriusan dampak pelanggaran Neighboring Rights menjadikan pelanggaran seperti ini cenderung semakai diabaikan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Neighboring Rights, Hak Kekayaan Intelektual
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Sri Handayani
Date Deposited: 11 Apr 2023 12:38
Last Modified: 11 Apr 2023 12:38
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/95271

Actions (login required)

View Item View Item