Handayani, Sri and Rasyid, Muhamad and Hibatullah, Irfan (2022) (Turnitin) LEMBAGA ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN DI SEKTOR JASA KEUANGAN PERBANKAN dalam Buku Hukum Perlindungan Konsumen. Unsri Press, Palembang.
Text
Cek Turnitin - Book Chapter.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pasal 2 POJK Nomor 1/POJK.07/2014 tentang Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa di Sektor Jasa Keuangan. Dilakukan melalui LAPSPI sebagai lembaga alternatif penyelesaian sengketa di sektor perbankan yang terdaftar dalam daftar LAPS yang ditetapkan OJK. OJK telah mengeluarkan POJK No. 01/POJK.07/2014 tentang Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS) di Sektor Jasa Keuangan bertujuan untuk menciptakan sistem perlindungan konsumen yang andal, meningkatkan pemberdayaan konsumen, dan menumbuhkan kesadaran Lembaga Jasa Keuangan sehingga mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat pada sektor jasa keuangan.Penyelesaian sengketa perbankan wajib diselesaikan lebih dahulu oleh Pelaku Usaha Jasa Keuangan dan apabila tidak tercapai kata sepakat maka dapat di selesaikan melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa yang tidak hanya mediasi tetapi juga ada ajudikasi dan arbitrase yang wajib dibentuk oleh Asosiasi Perbankan. Hasil penelitian Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa sektor perbankan juga harus memiliki penyelesaian sengketa berupa mediasi, ajudikasi, dan arbitrase.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penyelesaian Sengketa, Konsumen, Perbankan |
Subjects: | K Law > K Law (General) > K1000-1395 Commercial law |
Divisions: | 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1) |
Depositing User: | Sri Handayani |
Date Deposited: | 11 Apr 2023 13:19 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 13:19 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/95343 |
Actions (login required)
View Item |