(Turnitin) LEMBAGA ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN DI SEKTOR JASA KEUANGAN PERBANKAN dalam Buku Hukum Perlindungan Konsumen

Handayani, Sri and Rasyid, Muhamad and Hibatullah, Irfan (2022) (Turnitin) LEMBAGA ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN DI SEKTOR JASA KEUANGAN PERBANKAN dalam Buku Hukum Perlindungan Konsumen. Unsri Press, Palembang.

[thumbnail of Cek Turnitin - Book Chapter.pdf] Text
Cek Turnitin - Book Chapter.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pasal 2 POJK Nomor 1/POJK.07/2014 tentang Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa di Sektor Jasa Keuangan. Dilakukan melalui LAPSPI sebagai lembaga alternatif penyelesaian sengketa di sektor perbankan yang terdaftar dalam daftar LAPS yang ditetapkan OJK. OJK telah mengeluarkan POJK No. 01/POJK.07/2014 tentang Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS) di Sektor Jasa Keuangan bertujuan untuk menciptakan sistem perlindungan konsumen yang andal, meningkatkan pemberdayaan konsumen, dan menumbuhkan kesadaran Lembaga Jasa Keuangan sehingga mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat pada sektor jasa keuangan.Penyelesaian sengketa perbankan wajib diselesaikan lebih dahulu oleh Pelaku Usaha Jasa Keuangan dan apabila tidak tercapai kata sepakat maka dapat di selesaikan melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa yang tidak hanya mediasi tetapi juga ada ajudikasi dan arbitrase yang wajib dibentuk oleh Asosiasi Perbankan. Hasil penelitian Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa sektor perbankan juga harus memiliki penyelesaian sengketa berupa mediasi, ajudikasi, dan arbitrase.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Penyelesaian Sengketa, Konsumen, Perbankan
Subjects: K Law > K Law (General) > K1000-1395 Commercial law
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Sri Handayani
Date Deposited: 11 Apr 2023 13:19
Last Modified: 11 Apr 2023 13:19
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/95343

Actions (login required)

View Item View Item