NINGSI, FITRIA and Markos S, Sardianto and Zulherman, Zulherman (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS XI SMA NEGERI 2 TANJUNG RAJA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_84203_06111181419019_0028066702_0012075604_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_84203_06111181419019_0028066702_0012075604_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (293kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_84203_06111181419019_0028066702_0012075604_03.pdf Download (494kB) | Preview |
Text
RAMA_84203_06111181419019_0028066702_0012075604_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (620kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181419019_0028066702_0012075604_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181419019_0028066702_0012075604_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (293kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181419019_0028066702_0012075604_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa SMA N 2 Tanjung Raja pada materi Suhu dan Kalor. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Tanjung Raja dan sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Proses pembelajaran dikelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Solving dan di kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk essay. Uji statistik data hasil tes menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai post-test yang diperoleh siswa kelas eksperimen adalah 79 dan rata-rata nilai post-test yang diperoleh siswa kelas kontrol adalah 71. Secara statistik dengan perhitungan menggunakan Uji t pada taraf signifikan (α) = 0,05 diperoleh thitung 2,05, sedangkan ttabel = 1.671, terlihat bahwa thitung > ttabel. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dalam model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Problem Solving Universitas Sriwijaya |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201-555 Physical education and training |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Kharisma Afrianti |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 03:34 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 03:34 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/9549 |
Actions (login required)
View Item |