Pengembangan Layanan Informasi Administrasi Laboratorium PAUD Berbasis Website di FKIP UNSRI (Similiarity)

Novi, Yanti and Rahmi, Susanti and Syarifuddin, Syarifuddin (2022) Pengembangan Layanan Informasi Administrasi Laboratorium PAUD Berbasis Website di FKIP UNSRI (Similiarity). Unviversitas Sriwijaya.

[thumbnail of Similarity] Other (Similarity)
Pengembangan Layanan Informasi Administrasi Laboratorium PAUD Berbasis Website di FKIP UNSRI (Similarity).pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menata layanan informasi administrasi laboratorium Pendidikan Anak Usia Dini berbasis Website di FKIP Unsri yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan, yaitu: analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah enam dosen dan 62 mahasiswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan wawancara, angket, dan observasi. Instrumen validasi ahli dan instrumen efektivitas pada penelitian ini menggunakan skala penilaian. Hasil validasi dilakukan kepada 3 validator yang memvalidasi 3 aspek yaitu: bahasa, media dan materi. Ketiga validator menyatakan website terkategori sangat valid dengan persentase sebagai berikut: 90% dari ahli materi, 87,2% dari ahli media, dan 87,5% dari ahli bahasa. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan website pada layanan informasi administrasi laboratorium PAUD FKIP Unsri yaitu sangat sukses dengan persentase 91,5% dengan kategori sangat efektif dari 13 item pertanyaan yang terdiri dari 6 responden dosen aktif FKIP Unsri dan 86,3 % dengan kategori sangat efektif dari 62 responden mahasiswa aktif pada program studi PG-PAUD FKIP Unsri. Sehingga hasil pengembangan yang dilakukan disimpulkan bahwa website layanan informasi yang dikembangkan sangat efektif dan mampu digunakan sebagai layanan informasi daring pada Prodi PGPAUD FKIP Unsri.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: layanan administrasi; laboratorium; website.
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Dr. Syarifuddin, M.Pd.
Date Deposited: 11 Apr 2023 14:06
Last Modified: 01 May 2023 22:35
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/95495

Actions (login required)

View Item View Item