Syarifuddin, Syarifuddin (2018) PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING BERBASIS VIRTUAL MUSEUM PADA MATA KULIAH SEJARAH NASIONAL INDONESIA DI UNIVERSITAS SRIWIJAYA. Doctoral thesis, Universitas Negeri Jakarta.
Text
_1. Cover.pdf Download (167kB) |
|
Text
_2. Halaman Awal (Hal. i - xi).pdf Download (281kB) |
|
Text
1. BAB I (Hal. 1 - 27).pdf Download (426kB) |
|
Text
2. BAB II (Hal. 28 - 83).pdf Download (782kB) |
|
Text
2. BAB II (Hal. 84 - 116).pdf Download (773kB) |
|
Text
2. BAB II (Hal. 117 - 163).pdf Download (1MB) |
|
Text
3. Bab III (Hal. 164 - 174).pdf Download (474kB) |
|
Text
3. Bab III (Hal. 175 - 218).pdf Download (811kB) |
|
Text
3. Bab III (Hal. 219 - 239).pdf Download (343kB) |
|
Text
3. Bab III (Hal. 240 - 279).pdf Download (593kB) |
|
Text
4. BAB IV (Hal. 293 - 341).pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB IV (Hal. 293 - 341).pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB IV (Hal. 342 - 372)).pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB IV (Hal. 373 - 433).pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB V (Hal. 434 - 440).pdf Download (167kB) |
|
Text
5. BAB V (Hal. 434 - 440).pdf Download (167kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka (Hal. 441 - 454).pdf Download (400kB) |
|
Text
7. Riwayat Hidup (Hal. 455 - 458).pdf Download (288kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan gambaran pelaksanaan pembelajaran Sejarah Nasional Indonesia, mengembangkan model konseptual, model prosedural, dan model fisikal bahan pembelajaran hybrid learning berbasis virtual museum. Pada muara pembelajaran diharapkan muncul kemampuan retensi yang menghasilkan pengetahuan dan sikap nasionalisme. Model prosedural VIRAL (Virtual Reality Learning) mengadopsi Model Borg and Gall Edisi 4, Borg and Gall Edisi 8, Roblyer and Doering dan Rowntree. Peneliti mengembangkan website www.virtualmuseumindonesia.com untuk online learning. Sementara untuk pembelajaran tatap muka digunakan bahan pembelajaran cetak. Aplikasi virtual reality menggunakan softwareUnity3D. Uji teoretis dilakukan oleh pakar dan uji empiris dilakukan secara one to one, small group dan field test. Hasil uji empiris berupa pretest-posttest dan pengukuran sikap melalui kuesioner. Hasil pre test-post test yang dihitung melalui statistik deskriptif dan gain score menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Hasil kuesioner sikap nasionalisme mahasiswa dikategorikan baik. Hal ini berarti bahan pembelajaran ini efektif digunakan pada Mata Kuliah Sejarah Nasional VI.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Pembelajaran, Hybrid Learning, Virtual Museum, Sejarah Nasional Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1) |
Depositing User: | Dr. Syarifuddin, M.Pd. |
Date Deposited: | 11 Apr 2023 13:50 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 13:50 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/95732 |
Actions (login required)
View Item |