Laporan Penelitian : DESAIN DAN PENGEMBANGAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI CALON GURU SEBAGAI IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI

Syarifuddin, Syarifuddin and Nurhayati, Nurhayati and Ernalida, Ernalida (2022) Laporan Penelitian : DESAIN DAN PENGEMBANGAN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI CALON GURU SEBAGAI IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI. Universitas Sriwijaya, Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of (EDIT) LAPORAN AKHIR AKM 31 DES 22 17.19 WIB.pdf] Text
(EDIT) LAPORAN AKHIR AKM 31 DES 22 17.19 WIB.pdf

Download (8MB)

Abstract

Hasil PISA 2018 menempatkan posisi Indonesia berada pada 5 terbawah dari 79negaradengan skor 371 dari rata-rata skor tertinggi 500 untuk literasi membaca. Indonesia berupayadalam meningkatkan kemampuan literasi membaca dengan mengganti Ujian Nasional menjadi Asesmen Nasional yang dikenal dengan Asesmen Kompetensi Minimum(AKM). Riset ini bertujuan mendesain dan mengembangkan soal-soal AKMberbasis digital sebagai implementasi MBKM dan pembelajaran berdiferensiasi. Secara khusus, riset bertujuan(1)mendesain; (2) mengembangkan; (3) memvalidasi; (4) menguji keefektifan; (5) melakukandigitalisasi (6) meningkatkan kompetensi calon guru dalam mendesain dan mengembangkansoal-soal AKM berbasis digital pada level 4 dan 5 dengan memperhatikan konten, konteks, dan proses kognisi. Riset ini menggunakan riset pengembangan dengan berbagai teknikpengumpulan data dan teknik analisis·data. Riset memodifikasi teori Dick, Carey, danCareyyang meliputi proses: (1) studi pendahuluan (riset awal menghimpun data tentanganalisiskebutuhan dan analisis tujuan instruksional); (2) desain soal; (3) pengembangan; (4) validasi; (5) revisi produk; (6) uji coba lapangan; dan (7) diseminasi. Luaran riset yang ditargetkanialah (1) model/Rancangan MBKM (model pembelajaran, RPS, penyetaraan minimal 20SKS, rekonstruksi mata kuliah); (2) publikasi pada jurnal nasional terindeks Sinta 3 pada jurnal Curricula: Journal of Teaching and Learning yang berjudul Requirement Assessment forDigital Reading Literacy Minimum Competency on Assessment Questions; (3) publikasi padajurnal internasional bereputasi (Q4) pada Journal of Higher Education Theory and Practiceyang berjudul Development of Reading Literacy Assessment Questions: An Ef ort to ImproveStudents' Critical Thinking; (4) buku “Teori, Desain, dan Soal-Soal Asesmen Kompetensi Minimum”; (5) Hak Cipta; (6) publikasi di media massa; (7) publikasi Video Youtubeyangberjudul “Desain dan Pengembangan Soal AKM dalam Peningkatan Kompetensi CalonGuru”. Riset ini memiliki kebaruan yang sangat tinggi. Belum ada riset yang berkaitandengan desain dan pengembangan soal-soal AKM berbasis digital dalampeningkatankompetensi calon guru sebagai implementasi MBKM dan pembelajaran berdiferensiasi.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: diferensiasi, MBKM, soal-soal AKM
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Dr. Syarifuddin, M.Pd.
Date Deposited: 11 Apr 2023 13:53
Last Modified: 11 Apr 2023 13:53
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/95801

Actions (login required)

View Item View Item