EFISIENSI SALURAN PEMASARAN KOPI DI DESA GUNUNG AGUNG KECAMATAN DEMPO UTARA KOTA PAGARALAM

FARDO, EXANDI and Husin, Laila and Aryani, Desi (2010) EFISIENSI SALURAN PEMASARAN KOPI DI DESA GUNUNG AGUNG KECAMATAN DEMPO UTARA KOTA PAGARALAM. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_54201_05061004041.pdf] Text
RAMA_54201_05061004041.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (34MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05061004041_0023045903_0022128101_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_54201_05061004041_0023045903_0022128101_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB)
[thumbnail of RAMA_54201_05061004041_0023045903_0022128101_02.pdf] Text
RAMA_54201_05061004041_0023045903_0022128101_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05061004041_0023045903_0022128101_03.pdf] Text
RAMA_54201_05061004041_0023045903_0022128101_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05061004041_0023045903_0022128101_04.pdf] Text
RAMA_54201_05061004041_0023045903_0022128101_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05061004041_0023045903_0022128101_05.pdf] Text
RAMA_54201_05061004041_0023045903_0022128101_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (642kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05061004041_0023045903_0022128101_06_ref.pdf] Text
RAMA_54201_05061004041_0023045903_0022128101_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (763kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_54201_05061004041_0023045903_0022128101_07_lamp.pdf] Text
RAMA_54201_05061004041_0023045903_0022128101_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengidentifikasi saluran pemasaran kopi di Kota Pagaralam. (2) mendeskripsikan fungsi-fungsi pemasaran yang telah diterapkan oleh petani dan lembaga-lembaga pemasaran kopi di Kota Pagaralam. (3) menganalisis tingkat efisiensi pemasaran kopi di Kota Pagaralam dilihat dari marjin keuntungan, maijin pemasaran dan farmer ’s share. Penelitian ini dilakukan pada petani penggarap kopi yang berdomisili di Desa Gunung Agung Kecamatan Dempo Utara Kota Pagaralam pada bulan Mei hingga Juni 2010. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja dan metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Metode penarikan contoh yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode insidental. Data yang diperoleh diolah secara tabulasi dan dijelaskan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran kopi yang terdapat di Desa Gunung Agung merupakan saluran pemasaran yang sederhana, dimana terdapat dua rantai pemasaran yang terbentuk yaitu rantai pemasaran I dan II. Rantai pemasaran yang paling banyak digunakan adalah rantai pemasaran II, dan Lembaga pemasaran yang paling efisien dalam melaksanakan fungsi pemasarannya adalah lembaga pemasaran komisioner. Marjin pemasaran dan maijin keuntungan tertinggi dimiliki oleh pedagang pengecer Palembang, hal tersebut dikarenakan proses pengolahan yang dilakukan oleh pedagang pengeper Palembang yang memberikan pertambahan nilai pada produk. Nilai farmer’s share tertinggi berada pada rantai pemasaran I, sedangkan total marjin pemasaran tertinggi berada pada rantai pemasaran II, hal ini membuktikan bahwa semakin besar total maijin pemasaran yang terbentuk maka akan semakin kecil bagian yang akan diterima oleh petani. Nilai efisiensi di tingkat pedagang besar lebih kecil jika dibandingkan dengan nilai efisiensi yang didapat pada pedagang pengecer. Perbedaan nilai efisiensi tersebut dikarenakan oleh besarnya biaya pemasaran yang dikeluarkan oleh pedagang pengecer, akibat dari pengolahan biji kopi hingga menjadi bubuk kopi..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Kopi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S560-571.5 Farm economics. Farm management. Agricultural mathematics. Including production standards, record keeping, farmwork rates, marketing
Divisions: 05-Faculty of Agriculture > 54201-Agribusiness (S1)
Depositing User: Mr Halim Sobri
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:36
Last Modified: 13 Apr 2023 04:36
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/96146

Actions (login required)

View Item View Item