LASI, URSI MUHARI and Koryati, Dewi and Rusmin AR, Rusmin AR (2018) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN GURU IPS DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN ILIR BARAT 1 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_ 87203_ 06031281419077 _0022086402_0026085607_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (768kB) |
|
Text
RAMA_ 87203_ 06031281419077 _0022086402_0026085607_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (205kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 87203_ 06031281419077 _0022086402_0026085607_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (119kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 87203_ 06031281419077 _0022086402_0026085607_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (223kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 87203_ 06031281419077 _0022086402_0026085607_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (52kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 87203_ 06031281419077 _0022086402_0026085607_06.ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (56kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 87203_ 06031281419077 _0022086402_0026085607_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan model pembelajaran yang digunakan guru, mengetahui alasan guru menggunakan model pembelajaran serta mendeskripsikan pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri Se-Kecamatan Ilir Barat 1 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar di kelas 7. Teknik sampling dalam penelitian ini mengggunakan teknik sampel kuota dimana peneliti telah menetapkan 1 guru yang telah bersertifikasi dari setiap sekolah yang berakreditasi A yaitu SMPN 17, 18, 22, 33 Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Hubermen. Hasil analisis data menunjukan bahwa model pembelajaran yang banyak digunakan guru adalah model pembelajaran interaksi sosial dan pemerosesan informasi. Adapun alasan guru A menggunakan model pembelajaran Demonstration agar meningkatkan keatifan belajar peserta didik. Guru B menggunakan Problem Solving agar meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Guru C menggunakan Group Investigation supaya peserta didik berpikir kritis. Guru D menggunakan Teams Games Tournament agar suasana kelas menjadi lebih hidup dan membuat peserta didik berani mengungkapkan pendapat. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru A mempengaruhi hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 32 orang atau sebesar 100%. Guru B sebanyak 22 orang atau sebesar 100%. Guru C sebanyak 19 orang atau sebesar 86%. Guru D sebanyak 24 orang atau sebesar 80%. Maka disarankan bagi guru agar dijadikan bahan evaluasi untuk terus berinovasi menggunakan berbagai model pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, IPS, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3050-3060.87 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1) |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 26 Jul 2019 08:09 |
Last Modified: | 26 Jul 2019 08:09 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/963 |
Actions (login required)
View Item |