HUKUM KETENAGAKERJAAN (telaah Keberlakuan Undang-undang Ketenagakerjaan bagi home based workers di Indonesia Prespektif Upah yang Layak)

Suci Flambonita, Suci (2020) HUKUM KETENAGAKERJAAN (telaah Keberlakuan Undang-undang Ketenagakerjaan bagi home based workers di Indonesia Prespektif Upah yang Layak). Buku . Media Nusa Creative Publishing, Malang. ISBN 978-602-462-414-9

[thumbnail of Book] Text (Book)
Buku Hukum Ketenagakerjaan.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Sejak berlakunya Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, banyak problematika hukum yang terjadi, salah satunya mengenai kedudukan status hukum HBW, salah satu contoh mereka selalu dalam posisi lemah, tidak berdaya, sub ordinat dalam kedudukan dan psosisinya. Gejala yang timbul seperti ini akan terus berkelanjutan dan menjadi pandangan atau pelabelan yang bisa dipermanenkan bahwa HBW itu, rendah, tidak berkualitas, tidak memiliki ketrampilan, tidak berpendidikan. Tidak produktif dan lain sebagainya. Dalam hal ini Negara mempunyai konsekuensi untuk menjamin terciptanya kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia dalam berbagai aspek bidang yang menyangkut kepentingan politik, ekonomi, hukum, pendidikan, sosial dan budaya, sehingga terwujudnya masyarakat adil dan makmur baik secara materiil maupun spiritual. Jika dilihat dari prespektif ekonomis, maka dapat dikatakan bahwa kedudukan pekerja adalah tidak bebas, hal ini dimaksudkan bahwa sebagai orang yang tidak mempunyai bekal hidup lain daripada itu, ia terpaksa bekerja pada orang lain. Mengingat kedudukan pekerja/buruh yang inferior dari pada pengusaha (superior) maka perlu campur tangan pemerintah dalam menciptakan situasi yang kondusif dalam melindungi hak pekerja.

Item Type: Book
Additional Information: Buku Ajar yang telah dipublikasi
Uncontrolled Keywords: Hukum Ketenagakerjaan, Home Based Worker, Upah
Subjects: K Law > K Law (General) > K1701-1841 Labor law
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Suci Flambonita
Date Deposited: 14 Apr 2023 02:50
Last Modified: 14 Apr 2023 02:50
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/96333

Actions (login required)

View Item View Item