Gatot, Budiarto and Ermanovida, Ermanovida and Retna, Mahriani and Syarifuddin, Syarifuddin (2022) Laporan Penelitian : DAMPAK KEBIJAKAN KULIAH DARING MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PENERAPAN TEKNOLOGI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN PKN DI UNIVERSITAS SRIWIJAYA. Universitas Sriwijaya, Universitas Sriwijaya. (Unpublished)
Text
Laporan Akhir Penelitian Kompetitif Unsri (FISIP) 2022.pdf Download (1MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil Penelitian Kompetitif tahun 2021 sebelumnya didapat bahwa Input dari Data Internal dan Eksternal berdasarkan Kebijakan publik tentang pembelajaran daring , Input /masukan yang diperoleh, Sumber- sumber pembelajaran,Manfaat sistem pembelajaran dan Metode pembelajaran daring sudah mendukung pembelajaran daring Sedangkan Eksistensi Kondisi yang masih memerlukan pengembangan seperti Media (aplikasi), Jaringan (signal), perangkat, media informasi perlu ada pembaruan dan mengikuti kondisi dari mahasiswa serta peningkatan inovasi dalam pembelajaran. Evaluasi terhadap kebijakan publik dan perkembangan sesuai yang diharapkan berupa Pelaksanaan pembelajaran, cara penyampaian yang digunakan dalam memberikan pembelajaran, bahan ajar yang digunakan ,metode pembelajaran dan kendala serta solusi pelaksanaan pembelajaran daring, adanya pengaruh input dari internal dan eksternal yaitu pengaruh kemampuan mahasiswa terhadap metode pembelajaran dan Pelaksanaan sistem ICT, Pengaruh teknologi digital terhadap mahasiswa, Pengaruh lingkungan sekitar. Adanya strategi Implementasi kebijakan publik yang menunjang misalnya pemanfaatan e learning, pergantian media pembelajaran sesuai dengan kondisi jaringan, pemberian kuota, dan melaksanakan Pembelajaran blended learning (Budiarto et al.,2021). Pada saat ini penerapan teknologi digital yang sudah kami teliti untuk pembelajaran Pkn mulai diterapkan di lingkungan MPK Universitas Sriwijaya sehingga kami perlu mengetahui dampak dari hasil penerapan teknologi digital tersebut. Kondisi lapangan menunjukkan bahwa kebijakan pembelajaran daring berdampak terhadap penggunaan teknoloi digital yaitu mahasiswa menjadi lebih inovatif, tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran, dan dampak lainnya yang perlu kami amati lebih jauh, oleh karena itu Kajian dalam penelitian ini akan memungkinkan kita mengetahui dampak positif dan negatif dari kebijakan pembelajaran daring dalam penggunaan teknologi digital yang telah kami buat. Sehingga penelitian lanjutan kami berjudul Dampak Kebijakan Kuliah Daring Masa Pandemi Covid-19 Dalam Penerapan Teknologi Digital Pada Pembelajaran Pkn Di Universitas Sriwijaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Dampak Kebijakan Kuliah Daring Masa Pandemi Covid-19 Dalam Penerapan Teknologi Digital Pada Pembelajaran Pkn Di Universitas Sriwijaya.. Desain penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan dengan menggunakan analisis kebijakan publik. Teknik penelitian dilakukan dengan melakukan survei lapangan untuk mendapatkan input dari lingkungan intern dan ekstern. Survey dilakukan kepada dosen, mahasiswa dan Tim ICT untuk input data eksternal. Sementara, analisis data intern terkait dengan kebijakan publik, menggunakan metodologi model Merilee S. Grindle, Mazmanian & Sabatier, dan Rippley & Franklin. Penelitian ini akan menghasilkan luaran wajib berupa : a. Skripsi atau tesis dari mahasiswa bimbingan yang terlibat riset, b. Satu artikel ilmiah Pada Seminar Nasional Desain Sosial 2021. Penelitian juga akan menghasilkan luaran tambahan berupa buku ajar ber-ISBN. Tingkat kesiapterapan teknologi (TKT) penelitian ini adalah TKT 5 karena sampai tahap adanya kelengkapan dan analisis data pada lingkungan simulasi/kegiatan Litbang.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dampak kebijakan, Teknologi Digital, Pembelajaran PKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1) |
Depositing User: | Dr. Syarifuddin, M.Pd. |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 03:13 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 03:13 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/96417 |
Actions (login required)
View Item |