HERDAYANTI, FITRY and Agustien, Melawaty and Arliansyah, Joni (2010) ANALISA PEMILIHAN ANGKUTAN UMUM MASSAL DI KOTA PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_22201_03053110057.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (48MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03053110057_0015087403 _0015066702_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) |
|
Text
RAMA_22201_03053110057_0015087403 _0015066702_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03053110057_0015087403 _0015066702_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03053110057_0015087403 _0015066702_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (16MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03053110057_0015087403 _0015066702_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03053110057_0015087403 _0015066702_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (312kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_22201_03053110057_0015087403 _0015066702_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Angkutan umum sebagai sarana transportasi pelayanan publik empunyai dampak yang besar terhadap jalannya roda perekonomian. Maka kdgngstingan pelayanan angkutan umum menjadi sangat penting dan perlu mendapat perhatian yang serius dari Pemerintah Kota Palembang terkait dengan penyelenggaraan sistem transportasi, dengan mengadopsi pendapat para pakar transportasi yang mengetahkan bahwa kota yang baik dan kondusif dapat ditandai antara lain dengan kondisi sistem transportasinya tertata dengan rapi dan bersahabat dengan lingkungan, disamping pelayanan angkutan umum perkotaan tersebut telah terintegrasi degan pelayanan moda angkutan umum lainnya. Jenis moda angkutan umum yang telah dikembangkan di berbagai negara maju ataupun berkembang telah berkembang pesat saat ini demi mengatasi kemacetan kota. Angkutan umum tersebut adalah Mass Rapid Transit atau angkutan umum massal. Mass Rapid Transit atau juga disebut sebagai angkutan umum massal adalah layanan transportasi penumpang, biasanya dengan jangkauan lokal, yang tersedia bagi siapapun dengan membayar ongkos yang telah ditentukan. Untuk dapat menyelesaikan tugas dalam melaksanakan penelitian dalam analisa pemilihan angkutan massal di kota Palembang, maka untuk itu disusun metodologinya. Hasil yang diharapkan dari studi ini adalah menetapkan pilihan angkutan massal yang tepat bagi kota Palembang dengan menganalisa pola permintaan (demand side) di kota palembang pada saat sekarang dan juga lima tahun kedepan. Dengan menganalisa tiap ruas jalan utama di kota Palembang apakah sudah memenuhi kebutuhan akan diperlukannya MRT dan jenis MRT apa yang sesuai dengan kebutuhan permintaan pengguna jalan di kota Palembang dengan melihat volume kepadatan lalu-lintas peijalanan per passengers per hour per direction beserta menentukan ruas jalan mana yang berkemungkinan dijadikan koridor utama jenis MRT yang akan dilaksanakan di kota Palembang. Data yang digunakan untuk menganalisa pola permintaan pada jaringan jalan di kota Palembang adalah matriks asal tujuan hasil dari survei asal tujuan di kota Palembang tahun 2009 dan tahun 2014 beserta pembebanan matriks tersebut pada jaringan jalan saat ini. Analisa menghasilkan daftar volume traffic masing-masing jalan utama dengan analisa tipa-tiap jalan pada tahun 2009. Dan menghasilkan daftar volume traffic masingmasing jalan utama dengan jalan. Dengan ini dapat disimpulkan jenis angkutan massal yang sesuai sampai lima tahun kedepan (tahun 2014) dengan volume traffic tersebut adalah BRT (Bus Rapid Transit) dengan range volume 3000-45000 pphpd atau LRT (Light Rail Transit) yang berkapasitas 600-12000 pphpd. Dan Berdasarkan analisa data sekunder yaitu dengan membandingkan data-data biaya pembangunan MRT (Mass Rapid Transit) di berbagai wilayah diberbagai belahan dunia didapat hasil bahwa Bus Rapid Transit dengan jangkauan biaya konstruksi paling murah yang dapat dijangkau oleh kota-kota di negara berkembang seperti Palembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat transportasi |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T57.6-57.97 Operations research. Systems analysis > T57.78 Transportation method |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 02:52 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 02:52 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/96440 |
Actions (login required)
View Item |