Penyelesaian Perkara Kepailitan Yang Dalam Perjanjian Para Pihak Memuat Klausul Arbitrase

Samawati, Putu (2012) Penyelesaian Perkara Kepailitan Yang Dalam Perjanjian Para Pihak Memuat Klausul Arbitrase. Simbur Cahaya, 19 (49). pp. 3291-3304. ISSN 14110-0614

[thumbnail of Artikel Jurnal Penyelesaian Perkara Kepailitan yang dalam Perjanjian Para Pihak Memuat Klausul Arbitrase] Text (Artikel Jurnal Penyelesaian Perkara Kepailitan yang dalam Perjanjian Para Pihak Memuat Klausul Arbitrase)
Simbur Cahaya Vol 19 No.49 Sept 2012.pdf - Published Version

Download (552kB)

Abstract

Tulisan ini dilakukan dengan mengambil batasan penyelesaian sengketa utang piutang antara debitor (si-peminjam modal) dengan kreditor (si-pemilik modal), dimana pada awal perjanjian utang piutang antara debitor dengan kreditor dimuat klausul arbitrase yang disepakati oleh kedua belah pihak akan digunakan apabila terjadi perselisihan diantara mereka. Kenyataan yang ada dalam tatanan hukum positif Indonesia, apabila debitor dalam hal ini tidak mampu membayar atau melunasi utang-utangnya yang telah jatuh tempo kepada kreditor, kreditor dapat mengajukan permohonan pailit debitor ke Pengadilan Niaga dengan harapan piutang kreditor dapat diselesaikan secara hukum, walaupun diantara mereka telah ada kesepakatan untuk menyelesaikannya melalui mekanisme arbitrase. Kombinasi persoalan inilah yang menjadi titik temu dalam tulisan yang akan dilakukan dengan analisis yang mengacu pada aturan Undang-undang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang, serta Undang-undang Arbitrase dan Alternative Penyelesaian Sengketa. Kedua aturan hukum ini digunakan dalam proses pembahasan untuk dijadikan dasar dalam menjawab permasalahan untuk memperoleh kesimpulan yang konkrit.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penyelesaian, Kepailitan, Kalusul Arbitrase
Subjects: K Law > K Law (General) > K600-615 Private law
Divisions: 02-Faculty of Law > 74102-Notarial Law (S2)
Depositing User: Putu Samawati
Date Deposited: 26 Apr 2023 00:21
Last Modified: 26 Apr 2023 00:21
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/96739

Actions (login required)

View Item View Item