TPAK-SIMILARITY Artikel Dasar pemikiran Perlindungan Peraturan Daerah Tetang Penyelenggaraan Perlindungan Hukum Terhadap Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga

Samawati, Putu (2013) TPAK-SIMILARITY Artikel Dasar pemikiran Perlindungan Peraturan Daerah Tetang Penyelenggaraan Perlindungan Hukum Terhadap Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga. fakultas hukum unsri. (Unpublished)

[thumbnail of TPAK SIMILARITY Artikel Dasar pemikiran Perlindungan Peraturan Daerah Tetang Penyelenggaraan Perlindungan Hukum Terhadap Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga] Text (TPAK SIMILARITY Artikel Dasar pemikiran Perlindungan Peraturan Daerah Tetang Penyelenggaraan Perlindungan Hukum Terhadap Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga)
SC Vol 20 No 52 Sept 2013_compressed.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) merupakan perbuatan yang berada dalam ranah domestik yang melibatkan pasangan suami-istri, orang tua-anak, majikan-pembantu, dan antar anggota keluarga. Perlindungan terhadap korban KDRT dan penindakan terhadap pelaku KDRT telah ditegaskan dalam Undang-Undang No.23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Tindakan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (UUPTKDRT). UUPTKDRT merupakan aturan umum yang memberikan kekuatan hukum untuk menegakkan keadilan bagi pelaku dan korban KDRT, tetapi UUPTKDRT tidak memuat secara rinci tata laksana khususnya penyelenggaraan perlindungan terhadap korban KDRT. Tulisan ini memberikan gambaran bahwa perlu ada pemikiran untuk membentuk peraturan daerah tentang penyelenggaraan perlindungan hukum terhadap Korban KDRT, karena korban KDRT pada umumnya adalah pihak yang berada pada posisi lemah dan pada umumnya akan meninggalkan bekas trauma psikis yang sangat mendalam. Dasar pemikiran dituangkan dalam kajian mulai dari kajian Filosofis, Sosiologis, yuridis hingga kajian Psikopolitik Masyarakat dengan maksud dan tujuan untuk membuka pola pikir bahwa penting bagi pemerintah daerah menyusun Peraturan Daerah (Perda) tentang perlindungan korban KDRT.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Putu Samawati
Date Deposited: 17 Apr 2023 08:13
Last Modified: 17 Apr 2023 08:13
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/96749

Actions (login required)

View Item View Item