Dampak Kurangnya Kepastian Hukum Terhadap Perkembangan Usaha Kuliner Tradisional Sumatera Selatan Melalui Mekanisme Waralaba

Samawati, Putu and Helmanida, Helmanida and Ikhsan, Rd. Muhammad (2014) Dampak Kurangnya Kepastian Hukum Terhadap Perkembangan Usaha Kuliner Tradisional Sumatera Selatan Melalui Mekanisme Waralaba. Simbur Cahaya, 21 (53). pp. 3847-3858. ISSN 14110-0614

[thumbnail of Artikel Dampak Kurangnya Kepastian Hukum Terhadap Perkembangan Usaha Kuliner Tradisional Sumatera Selatan Melalui Mekanisme Waralaba] Text (Artikel Dampak Kurangnya Kepastian Hukum Terhadap Perkembangan Usaha Kuliner Tradisional Sumatera Selatan Melalui Mekanisme Waralaba)
Simbur Cahaya Vol 21 No.53 Jan 2014.pdf - Published Version

Download (581kB)

Abstract

Perkembangan usaha dengan mekanisme waralaba di tahun 2013 mengalami peningkatan yang cukup pesat tahun 2012 tercatat ada 300 usaha waralaba yang berkembang di Indonesia, sedangkan tahun 2013 perusahaan waralaba mencapai 578. Jenis usaha yang paling banyak adalah usaha dalm bentuk kuliner. Khusus usaha kuliner tradisional yang menggunakan mekanisme waralaba masih kalah bersaing dengan usaha kuliner asing, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya tidak adanya kepastian hukum bagi pengusaha kuliner tradisional untuk dapat diberikan perlindungan dalam upaya pengembangan usaha kulinernya. Mekanisme usaha waralaba yang belum begitu familiar dikalangan pengusaha kuliner tradisional khususnya pengusaha kuliner tradisional Sumatera Selatan di Kota Palembang juga menjadi kendala dalam pelaksanaannya, terbukti dari 100 orang pengusaha kuliner tradisional Sumatera Selatan yang dijadikan responden tidak ada satupun yang mengemas usahanya dalam bentuk waralaba. Waralaba kuliner tradisional Sumatera Selatan hanya ada 4 pengusaha tetapi domisilinya tidak di Kota Palembang. Keterlibatan pemerintah daerah dalam pengaturan dan perlindungan usaha kuliner tradisional Sumatera Selatan sangat diperlukan agar usaha ini dapat dikembangkan salah satunya melalui mekanisme waralaba, yang pada akhirnya dapat diperkenalkan secara nasional bahkan internasional sebagai ajang promosi pariwisata Sumatera Selatan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepastian Hukum, Usaha Kuliner Tradisional, Waralaba
Subjects: K Law > K Law (General) > K1000-1395 Commercial law
Divisions: 02-Faculty of Law > 74102-Notarial Law (S2)
Depositing User: Putu Samawati
Date Deposited: 26 Apr 2023 00:21
Last Modified: 26 Apr 2023 00:21
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/96750

Actions (login required)

View Item View Item