artikel Pencatatan Perkawinan Sebagai Bentuk Pengesahan Administrasi Kenegaraan Republik Indonesia

Samawati, Putu (2014) artikel Pencatatan Perkawinan Sebagai Bentuk Pengesahan Administrasi Kenegaraan Republik Indonesia. Simbur Cahaya, 21 (55). pp. 4081-4094. ISSN 14110-0614

[thumbnail of Artikel Pencatatan Perkawinan Sebagai Bentuk Pengesahan Administrasi Negara Republik Indonesia] Text (Artikel Pencatatan Perkawinan Sebagai Bentuk Pengesahan Administrasi Negara Republik Indonesia)
Simbur Cahaya Vol 21 No.55 Sept 2014.pdf - Published Version

Download (898kB)

Abstract

Perkawinan merupakan salah satu bentuk pengikat hubungan lahir dan bathin yang dilakukan oleh seorang pria dan seorang wanita berdasarkan aturan Hukum Agama dan Kepercayaannya. Proses ikatan suci dalam sebuah perkawinan melibatkan syarat sahnya perkawinan yang tertuang dalam Pasal 2 Undang-undang No.1 tahun 1974 tentang Perkawinan. Syarat utama sahnya perkawinan adalah apabila dilangsungkan dengan memenuhi aturan-aturan yang terdapat dalam hukum agama dan kepercayaannya, setelah dilakukan sesuai dengan hukum agama dan kepercayaannya langkah selanjutnya adalah melakukan pencatatan perkawinan yang merupakan syarat kelengkapan administrasi kenegaraan. Pencatatan perkawinan bukan hanya dilakukan untuk perkawinan monogami saja, melainkan juga diberlakukan bagi perkawinan poligami. Hal yang paling sering dilanggar oleh pasangan suami-istri adalah tidak melakukan pencatatan perkawinan mereka apabila perkawinan itu merupakan perkawinan poligami. Pemahaman yang benar tentang pentingnya pencatatan perkawinan dalam arsip kenegaraan merupakan hal yang harus disosialisasikan secara meluas demi terlindunginya hak-hak sebagai warga Negara agar dapat memperoleh perlindungan hukum.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pencatatan, Perkawinan, Pengesahan Kenegaraan, Republik Indonesia
Subjects: K Law > K Law (General) > K7157-7179 Marriage. Husband and wife
Divisions: 02-Faculty of Law > 74102-Notarial Law (S2)
Depositing User: Putu Samawati
Date Deposited: 26 Apr 2023 00:21
Last Modified: 26 Apr 2023 00:21
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/96753

Actions (login required)

View Item View Item