TPAK Similarity artikel Konsep Ekonomi Kerakyatan Pada Pilihan Kebijakan Monopoli atau Demonopolisasi BUMN di Indonesia

Samawati, Putu (2020) TPAK Similarity artikel Konsep Ekonomi Kerakyatan Pada Pilihan Kebijakan Monopoli atau Demonopolisasi BUMN di Indonesia. Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sumpah Pemuda, Palembang. (Unpublished)

[thumbnail of SIMILARITY artikel an Putu Samawati] Text (SIMILARITY artikel an Putu Samawati)
Lex Librium 2020 turnitin.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Kebijakan monopoli terhadap kegiatan usaha yang dilakukan BUMN seperti yang diamanahkan oleh konstitusi dan peraturan perundang-undangan Indonesia dilandasi dengan tujuan untuk mensejahterakan rakyat Indonesia secara adil dan merata. Sedangkan kebijakan demonopolisasi terhadap BUMN dilakukan oleh pemerintah atas dasar tuntutan globalisasi demi menciptakan kondisi pasar persaingan sempurna, efisiensi serta efektifitas dalam pengelolaan korporasi. Pilihan antara monopoli atau demonopolisasi terhadap BUMN merupakan kebijakan yang harus dapat diputuskan oleh pemerintah. Atas dasar untuk mencarikan konsep dan solusi kebijakan mengenai penyeimbang antara aspek tuntutan globalisasi dan kedaulatan negara maka dilakukanlah kajian tersebut dengan menggunakan metode penelitian yuridis normatif. Hasil penelitian berupa strategi antisipasi yang dapat dipertimbangkan oleh pemerintah dalam menentukan kebijakan yang merupakan gagasan pemikiran kebaruan dengan mengutamakan prinsip-prinsip perekonomian kerakyatan yang sesuai dengan Konstitusi Republik Indonesia. Penentuan pilihan untuk menetapkan suatu BUMN dapat menjalankan usaha secara monopoli atau justru menerapkan kebijakan demonopolisasi harus mampu diputuskan dengan dasar pertimbangan yang kuat. Hal terpenting adalah memastikan bahwa sistem ekonomi kerakyatan harus mampu diterapkan dalam pelaksanaan kinerja BUMN baik yang melakukan kegiatan usaha secara monopoli maupun demonopolisasi.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Putu Samawati
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:53
Last Modified: 17 Apr 2023 07:53
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/96758

Actions (login required)

View Item View Item