Dewi, Siti swasti Eka and Syarifuddin, Syarifuddin and Oktarina, Santi (2021) Museum Virtual Tour Development Using 3D Vista as a History Learning Source. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 5 (3). pp. 373-383. ISSN 2614-3909
Text
2.+JP2+VOL.+5+NO.3+Siti+Swasti+Eka+Dewie+373-383.pdf Download (443kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran virtual tour museum Sriwijaya dengan menggunakan aplikasi 3D Vista sebagai sumber belajar sejarah. Tahapan penelitian ini mengadaptasi model penelitian pengembangan produk Alessi dan Trollip (2001), yaitu desain, perencanaan, dan pengembangan. Perangkat yang dikembangkan divalidasi oleh ahli dan diujicoba pada subjek peserta didik kelas X IPS 2 SMA N 7 palembang. Desain uji coba pada penelitian ini menggunakan one group pretest dan posttest design. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis hasil wawancara, tes dan angket. Analisis penelitian pengembangan perangkat pembelajaran dapat dideskripsikan bahwa: 1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah teruji validitasnya setelah melalui validasi dengan 4 orang ahli; 2) sumber belajar virtual tour museum teruji praktikalitasnya dengan persentasi kepraktisan sebesar 87,87%; 3) efektivitas perangkat yang terdiri dari aktivitas peserta didik dalam proses belajar memperoleh N-gain sebesar 5,57 dengan kategori sedang. Kesimpulan penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yang dikembangkan teruji valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Virtual Tour Museum Sriwijaya, 3D Vista, Sumber Belajar Sejarah |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L797-898 Educational exhibitions and museums |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86103-Educational Technology (S2) |
Depositing User: | Dr. Syarifuddin, M.Pd. |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 03:00 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 03:00 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/96934 |
Actions (login required)
View Item |