PEMODELAN STRUKTUR BANGUNAN ATAS JEMBATAN BETON DENGAN METODE BEAM AND SHELL DAN 3D SOLID

RIDHO, MUHAMMAD and Idris, Yakni and Rosidawani, Rosidawani (2011) PEMODELAN STRUKTUR BANGUNAN ATAS JEMBATAN BETON DENGAN METODE BEAM AND SHELL DAN 3D SOLID. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03053110044.pdf] Text
RAMA_22201_03053110044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (45MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03053110044_0011125802_0009057602_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03053110044_0011125802_0009057602_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB)
[thumbnail of RAMA_22201_03053110044_0011125802_0009057602_02.pdf] Text
RAMA_22201_03053110044_0011125802_0009057602_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03053110044_0011125802_0009057602_03.pdf] Text
RAMA_22201_03053110044_0011125802_0009057602_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03053110044_0011125802_0009057602_04.pdf] Text
RAMA_22201_03053110044_0011125802_0009057602_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03053110044_0011125802_0009057602_05.pdf] Text
RAMA_22201_03053110044_0011125802_0009057602_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (452kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03053110044_0011125802_0009057602_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03053110044_0011125802_0009057602_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (313kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03053110044_0011125802_0009057602_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03053110044_0011125802_0009057602_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Efisiensi sistem jaringan jalan dan jembatan akan berpengaruh terhadap kondisi sosial ekonomi penggunanya, hal ini dipengaruhi oleh pelbagai perjalanan atau mobilitas yang dilakukannya, baik ke tempat kerja, berbelanja, ke sekolah maupun ke tempat-tempat sosial. Oleh karena itu dalam rangka meningkatkan mobilitas pergerakan penduduk hanya dapat dilakukan dengan kebijakan dan rencana-rencana pembangunan sistem jaringan jalan dan jembatan yang matang. Jembatan adalah suatu konstruksi yang gunanya untuk meneruskan jalan melalui rintangan yang lebih rendah. Rintangan ini biasanya jalan lainjalan air atau sungai, daerah lembah atau di atas jalan lalu lintas biasa. Secara umum jembatan dibagi atas dua bagian utama, yaitu bangunan atas dan bangunan bawah. Bangunan bawah merupakan konstruksi bangunan yang terletak bagian bawah jembatan yang fungsinya memikul beban-beban dari bangunan atas dan kemudian menyalurkannya ke pondasi lalu diteruskan ke tanah dasar. Bangunan atas jembatan merupakan bagian jembatan yang secara langsung menerima beban bergerak (kendaraan) di atasnya. Identik dengan hal di atas, jembatan merupakan suatu susunan elemen - elemen yang memiliki massa tersendiri. Metode elemen hingga merupakan metode sangat berguna untuk menjelaskan solusi numerik dari berbagai masalah perencana, dalam hal ini jembatan. Dengan didukung teknologi komputer, masalah kompleks dapat dimodelkan dalam bentuk analisis yang sederhana.Pada tugas akhir ini, akan digunakan program LUSAS (London University Structure Analysis Software). Bentuk dari struktur tersebut dalam kaitannya dengan fitur — fitur dibuat sedemikian rupa sehingga siap untuk dianalisis Pembebanan yang digunakan menggunakan berat sendiri dari plat lantai jembatan tersebut dan dianalisis oleh program LUSAS. Kedua model yang dianalisis dengan program tersebut adalah model beam and shell dan 3D solid. Dari hasil analisis, metode 3D solid akan memberikan hasil yang akurat. Untuk nilai momen maksimum, 3D solid model lebih memberikan hasil yang lebih besar, yaitu 1902.136 pada bentang 25 meter JD solid model menyediakan hasil yang lebih besar untuk reaksi perletakan yaitu 288.1 kN sehingga 3D solid model tidak cocok digunakan dalam menentukan hasil analisis untuk desain. Hal ini dikarenakan akan menaikkan biaya konstruksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Struktur bangunan, jembatan beton
Subjects: T Technology > TG Bridge engineering > TG1-470 Bridge engineering
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 24201-Chemical Engineering (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 18 Apr 2023 03:51
Last Modified: 18 Apr 2023 03:51
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/96994

Actions (login required)

View Item View Item