PERAN FILSAFAT IDEALISME SERTA IMPLEMENTASINYA PADA PENDIDIKAN

Ageng, Shagena and Syarifuddin, Syarifuddin (2022) PERAN FILSAFAT IDEALISME SERTA IMPLEMENTASINYA PADA PENDIDIKAN. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17 (2). pp. 45-54. ISSN 0216-7433

[thumbnail of Artikel Lentera 2022.pdf] Text
Artikel Lentera 2022.pdf

Download (521kB)

Abstract

Filsafat idealisme adalah suatu aliran filsafat yang menekankan pentingnya keunggulan pikiran (mind), jiwa (spirit) atau roh (soul) dari pada hal-hal yang bersifat kebendaan atau material. Hakikat manusia adalah jiwa atau rohaninya, yakni apa yang disebut “mind”. Mind merupakan wujud yang mampu menyadari dunianya, bahkan sebagai pendorong dan penggerak semua tingkah laku manusia. Peran filsafat dalam dunia pendidikan adalah memberikan acuan bidang filsafat pendidikan guna mewujudkan cita-cita pendidikan yang diharapkan oleh suatu masyarakat atau bangsa. Maka fokus dari penelitian ini untuk menganalisis mengenai peran filsafat idealisme serta implementasinya pada pendidikan. Metode kepenulisan yang digunakan dalam tulisan ini adalah studi kepustakaan atau library research untuk memperkuat dan memperkaya hasil penelitian. Kemudian teknik penulisan dalam tulisan ini dimulai dengan mencari berbagai sumber informasi yang ada dapat berupa buku, artikel, koran, dan sumber internet lain yang relevan. Kemudian informasi yang telah dikumpulkan disaring dengan tujuan mencari sumber yang paling sesuai dengan tema yang akan dibahas dan diangkat, selanjutnya membuat kesimpulan berupa hal-hal penting dan membuat tulisan menjadi satu kesatuan utuh yang urut dan relevan sesuai tema yang dibawa.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) > B808-849 Special topics and schools of philosophy
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Dr. Syarifuddin, M.Pd.
Date Deposited: 25 Apr 2023 04:37
Last Modified: 25 Apr 2023 04:37
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/97120

Actions (login required)

View Item View Item