PERAN FILSAFAT IDEALISME SERTA IMPLEMENTASINYA PADA PENDIDIKAN (Similiarity)

Ageng, Shagena and Syarifuddin, Syarifuddin (2022) PERAN FILSAFAT IDEALISME SERTA IMPLEMENTASINYA PADA PENDIDIKAN (Similiarity). STKIP PGRI Banjarmasin. (Unpublished)

[thumbnail of PERAN FILSAFAT IDEALISME SERTA IMPLEMENTASINYA PADA PENDIDIKAN.pdf] Text
PERAN FILSAFAT IDEALISME SERTA IMPLEMENTASINYA PADA PENDIDIKAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Filsafat idealisme adalah suatu aliran filsafat yang menekankan pentingnya keunggulan pikiran (mind), jiwa (spirit) atau roh (soul) dari pada hal-hal yang bersifat kebendaan atau material. Hakikat manusia adalah jiwa atau rohaninya, yakni apa yang disebut “mind”. Mind merupakan wujud yang mampu menyadari dunianya, bahkan sebagai pendorong dan penggerak semua tingkah laku manusia. Peran filsafat dalam dunia pendidikan adalah memberikan acuan bidang filsafat pendidikan guna mewujudkan cita-cita pendidikan yang diharapkan oleh suatu masyarakat atau bangsa. Maka fokus dari penelitian ini untuk menganalisis mengenai peran filsafat idealisme serta implementasinya pada pendidikan. Metode kepenulisan yang digunakan dalam tulisan ini adalah studi kepustakaan atau library research untuk memperkuat dan memperkaya hasil penelitian. Kemudian teknik penulisan dalam tulisan ini dimulai dengan mencari berbagai sumber informasi yang ada dapat berupa buku, artikel, koran, dan sumber internet lain yang relevan. Kemudian informasi yang telah dikumpulkan disaring dengan tujuan mencari sumber yang paling sesuai dengan tema yang akan dibahas dan diangkat, selanjutnya membuat kesimpulan berupa hal-hal penting dan membuat tulisan menjadi satu kesatuan utuh yang urut dan relevan sesuai tema yang dibawa.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Dr. Syarifuddin, M.Pd.
Date Deposited: 25 Apr 2023 23:57
Last Modified: 25 Apr 2023 23:57
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/97140

Actions (login required)

View Item View Item