Lusiana, Lusiana and Hartono, Yusuf and Saleh, Trimurti (2009) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF (MPG) UNTUK PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMA NEGERI 8 PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2). pp. 29-47. ISSN 1978-0044
Preview |
Text
3_Lusiana_29-47.pdf - Published Version Download (207kB) | Preview |
Abstract
Penelitian terapan ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan MPG untuk pelajaran matematika di kelas X SMA Negeri 8 Palembang, di tinjau dari ketuntasan belajar yang dicapai setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan MPG, keaktifan siswa selama di terapkan MPG, sikap terhadap penerapan MPG. Penelitian ini merupakan penelitian terapan (applied research) dengan menggunakan metode eksperimen dan survey. Pengumpulan data dengan observasi, tes, angket serta wawancara . Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif, dengan menggunakan teknik analisa data statistik persentase skor serta tabel keefektifan penerapan model. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa keefektifan penerapan MPG untuk pelajaran matematika dikelas X SMA Negeri 8 Palembang yang ditinjau dari aktivitas siswa, ketuntasan belajar serta sikap siswa terhadap penerapan MPG adalah 76.32 % dengan kategori ?Efektif? , dengan rincian keaktifan siswa selama diterapkan MPG tergolong sangat tinggi dengan rata-rata persentase skor 81.8% dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 76.32%, serta Sikap siswa terhadap penerapan MPG tergolong positif dengan rata-rata persentase skor 76.5%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, MPG, Pelajaran Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 21101-Mechanical Engineering (S2) |
Depositing User: | Prof. Dr. Zulkardi MIKomp.,MSc. |
Date Deposited: | 01 Oct 2019 10:42 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 10:42 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/9737 |
Actions (login required)
View Item |