KARAKTERISASI BATUBARA JAMBI UNTUK PENINGKATAN KUALITAS BATUBARA MELALUI RADIASI GELOMBANG MIKRO (Similarity)

Yusuf, Maulana (2020) KARAKTERISASI BATUBARA JAMBI UNTUK PENINGKATAN KUALITAS BATUBARA MELALUI RADIASI GELOMBANG MIKRO (Similarity). Jurusan Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of KARAKTERISASI_BATUBARA_JAMBI_UNTUK_PENINGKATAN_KUA.pdf] Text
KARAKTERISASI_BATUBARA_JAMBI_UNTUK_PENINGKATAN_KUA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Batubara merupakan sumber energi yang dimanfaatkan secara luas di seluruh dunia untuk berbagai macam kegunaan diantaranya sebagai pembangkit tenaga listrik, bahan bakar pembuatan semen dan produksi baja serta kegiatan industri lainnya. Pemanfaatan batubara sebagai bahan bakar dipengaruhi ukuran kualitas batubara. Kandungan air pada batubara dengan nilai tinggi akan mengurangi efisiensi pembakaran, selain itu batubara dengan kandungan ash tinggi menyebabkan terjadinya slagging dan fouling. Kandungan sulfur yang tinggi menyebabkan korosi pada boiler. Permasalahanpermasalahan yang terjadi dalam pemanfaatan batubara tersebut dapat diatasi dengan teknik-teknik yang telah diteliti yang dapat meningkatkan kualitas batubara khususnya penghilangan moisture, salah satunya dengan radiasi gelombang mikro. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakeristik batubara awal dan kualitas batubara setelah dilakukan radiasi gelombang mikro sehingga dapat dijadikan informasi untuk perusahaan industri batubara dalam melakukan peningkatan kualitas batubara yang efektif melalui radiasi gelombang mikro. Daya yang digunakan yaitu 720W, 810W dan 900W dengan ketebalan batubara 9cm, 11cm dan 13cm. Hasil penelitian diperoleh karakteristik awal batubara Jambi dengan total moisture 45,04% dan nilai gross calorific value (ar) yaitu 3577. Setelah dilakukan radiasi gelombang mikro pada sample batubara Jambi pada daya 720 W, 810 W dan 900 W didapatkan rata-rata penurunan total moisture masing – masing yaitu 31,2 %, 31,36 %, 32,65 % dan kenaikan kalori sebesar 2011 kalori, 2042 kalori, 2139 kalori.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 21001-Engineering Science (S3)
Depositing User: Tn Maulana Yusuf
Date Deposited: 27 Apr 2023 06:19
Last Modified: 27 Apr 2023 06:19
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/97481

Actions (login required)

View Item View Item