Pola Kebijakan Pertambangan dalam Penyusunan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Sumatera Selatan berdasarkan Multidimensional Scaling (Similarity)

Yusuf, Maulana (2022) Pola Kebijakan Pertambangan dalam Penyusunan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Sumatera Selatan berdasarkan Multidimensional Scaling (Similarity). Jurusan Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of Pola_Kebijakan_Pertambangan_Dalam_Penyusunan_Progr.pdf] Text
Pola_Kebijakan_Pertambangan_Dalam_Penyusunan_Progr.pdf

Download (2MB)

Abstract

Industri pertambangan wajib memberikan kontribusi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat terutama komunitas lokal di sekitar wilayah operasi dan membantu terciptanya pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan, salah satunya dengan melaksanakan kewajiban Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM). Namun pada kenyataannya, program PPM tidak berjalan maksimal dikarenakan program yang dibuat tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan program PPM yang sesuai dengan kondisi wilayah di tiap kabupaten/kota di Sumatera Selatan. Data yang digunakan adalah data tiap kabupaten di Sumatera Selatan dari tahun 2019 sampai 2021 berupa data aspek pertambangan, ekonomi dan sosial yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Dinas ESDM Provinsi Sumsel. Data aspek teknis pertambangan yaitu jumlah IUP, Realisasi Rencana Reklamasi (RR), jumlah pelaporan RR, Realisasi Rencana Pascatambang (RPT), jumlah pelaporan RPT, jumlah pelaporan PPM, dan total realisasi PPM. Data aspek ekonomi yaitu data Pendapatan Perkapita, PDRB, PDRB Sektor Pertambangan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan persentase penduduk miskin. Data aspek sosial yaitu pendidikan, kesehatan, kriminalitas, perumahan, dan agama. Data tersebut akan dianalisis menggunakan analisis multidimensional scaling. Dari hasil analisis, didapatkan 10 (sepuluh) kelompok wilayah berdasarkan karakteristik masing-masing, sehingga dihasilkan 10 (sepuluh) pola kebijakan dalam menunjang perencanaan program PPM agar tepat guna dan tepat sasaran di Sumatera Selatan.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 21001-Engineering Science (S3)
Depositing User: Tn Maulana Yusuf
Date Deposited: 27 Apr 2023 06:17
Last Modified: 27 Apr 2023 06:17
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/97486

Actions (login required)

View Item View Item