EVALUASI TEKNIS SISTEM PENYALIRAN TAMBANG PADA PIT 3 TIMUR BANKO BARATPT. BUKIT ASAM (PERSERO), TBK UNIT PENAMBANGAN TANJUNG ENIM, SUMATERA SELATAN (SIMILARITY)

Yusuf, Maulana (2018) EVALUASI TEKNIS SISTEM PENYALIRAN TAMBANG PADA PIT 3 TIMUR BANKO BARATPT. BUKIT ASAM (PERSERO), TBK UNIT PENAMBANGAN TANJUNG ENIM, SUMATERA SELATAN (SIMILARITY). Jurusan Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of EVALUASI_TEKNIS_SISTEM_PENYALIRAN_TAMBANG_PADA_PIT.pdf] Text
EVALUASI_TEKNIS_SISTEM_PENYALIRAN_TAMBANG_PADA_PIT.pdf

Download (1MB)

Abstract

PT.Bukit Asam (Persero),Tbk adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pertambangan batubara. Sistem penambangan yang diterapkan adalah sistem Open Pit. Pit 3 Timur merupakan salah satu pit yang berada di Wilayah Tambang Banko Barat.Sistem penyaliran yang di gunakan pada lokasi penambangan Pit 3 Timur Banko Barat saat ini adalah sistem mine dewatering dengan menggunakan metode sumuran (sump) yaitu mengeluarkan air yang telah masuk ke tempat penambangan kemudian ditampung kedalam kolam penampung (sump) lalu dialirkan keluar tambang dengan pompa, dan air tersebut akan di netralkan terlebih dahulu untuk menetralkan kadar asamnya. Apabila sistem penyaliran tidak berjalan sebagaimana mestinya maka akan mengakibatkan masalah dalam kegiatan penambangan. Oleh karena itu, harus direncanakan evaluasi teknis sistem penyaliran tambang yang baik untuk mengatasi air yang akan masuk ke lokasi tambang terutama dalam menghadapi musim penghujan.Dimensi sump yang direncanakan berbentuk trapesium dengan volume 135.073 m3 dengan panjang dan lebar permukaan sumuran adalah 164 meter, panjang dan lebar dasar sumuran 144 meter dengan kedalaman sump 10 meter dan kemiringan 450. Untuk mengeluarkan debit total air yang masuk ke sump sebanyak 90.354,32 m3/hari maka diperlukan penambahan 4 buah pompa dari 2 buah pompa menjadi 6 buah pompa. Sedangkan untuk Kolam pengendapan Lumpur yang direncanakan adalah sebesar 11.076,28 m3 tiap satu kompartemen yang memiliki 4 buah kompartemen. Dengan dimensi rencana 88 m x 25 m x 5 m per Kompartemen dengan waktu pengerukan adalah 4 kali dalam 1 tahun.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 21001-Engineering Science (S3)
Depositing User: Tn Maulana Yusuf
Date Deposited: 27 Apr 2023 06:13
Last Modified: 27 Apr 2023 06:13
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/97489

Actions (login required)

View Item View Item