SK, LAPORAN AKHIR PENGABDIAN 2020, DESAIN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA DENGAN SYSTEM ON-GRID DI DESA BINAAN UNSRI DI DESA ULAK KEMBAHANG 2 OGAN ILIR

Rahmawati, Rahmawati and Sofijan, Armin and Yuniarti, Dwirina and Nawawi, Zainuddin (2020) SK, LAPORAN AKHIR PENGABDIAN 2020, DESAIN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA DENGAN SYSTEM ON-GRID DI DESA BINAAN UNSRI DI DESA ULAK KEMBAHANG 2 OGAN ILIR. UNSRI, UNSRI.

[thumbnail of SK, LAP AKHIR 20 HAIRUL.pdf] Text
SK, LAP AKHIR 20 HAIRUL.pdf

Download (893kB)

Abstract

RINGKASAN Pengabdian ini berjudul: “Desain pembangkit listrik tenaga surya dengan system on-grid di desa desa binaan unsri di desa ulak kembahang 2 ogan ilir” . Pada saat ini listrik merupakan sebuah kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, energi listrik tersebut masih bergantung pada sumber energi fosil atau hasil bumi. Sumber energi fosil bersifat sementara yang mana akan habis jika pemakaian secara terus-menerus, sehingga diperlukan energi alternatif sebagai penghasil energi listrik. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan energi alternatif yang ramah lingkungan. Salah satunya dengan memanfaatkan energi surya. Energi radiasi matahari dapat diubah menjadi energi listrik dengan mengikuti prinsip fotovoltaik. Pembangkit Listrik Tenaga Surya sangat tepat digunakan untuk hybrid dengan listrik PLN. Hal ini dapat meringankan beban penggunaan pada listrik PLN. Oleh karena itu, sistem hybrid yang digunakan yaitu sistem on-grid terhubung dengan jaringan PLN. Keluaran yang diharapkan berupa jurnal dan publikasi yang nantinya sangat bermanfaat buat masyarakat desa sebagai pengetahuan mengenai pembangkit listrik hybrid/ on-grid. Kata kunci: Pembangkit Listrik Alternatif, Panel Surya, Konversi, On-Grid.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > Summary of Important Decrees (Surat Keputusan)
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 20201-Electrical Engineering (S1)
Depositing User: Dr. Ir. Armin Sofijan
Date Deposited: 27 Apr 2023 08:35
Last Modified: 27 Apr 2023 08:35
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/97613

Actions (login required)

View Item View Item