Skala Efikasi Diri Orang Tua: Instrument nutum Mengukur Efkasi Diri Orang Tua dalam Pendidikan Anak Sekolah Dasar

Yosef, Yosef and Hasmalena, Hasmalena and Sigit, Dwi Sucipto and Karisma, Novi and Agustin, Indri (2020) Skala Efikasi Diri Orang Tua: Instrument nutum Mengukur Efkasi Diri Orang Tua dalam Pendidikan Anak Sekolah Dasar. Bening: Media Publishing, Palembang. ISBN 9-786239-307394

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Orang tua sebagai pendidik pertama dan utama bukan sekedar slogan. Mereka berperan penting dalam keberhasilan pendidikan anak. Orang tua dapat memfasilitasi anak sekolah dasar untuk sukses di sekolah dengan cara menyediakan lingkungan belajar yang kondusif sehingga anak sukses bersekolah. Pemberian dukungan, motivasi, pembelajaran yang berkualitas merupakan syarat utama bagi keberhasilan anak bagaimanapun tingkat kecerdasannya. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak salah satunya ditentukan oleh efikasi diri atau keyakinan sanggup melakukan suatu tugas sesuai dengan peran mereka dalam sebagai pendidik utama dan pertama. Sehubungan dengan keterlibatan orang tua dalam pendidikan, tidak sedikit guru pembimbing/konselor sekolah dan guru sekolah dasar yang ingin memiliki informasi secara akurat mengenai efikasi diri orang tua agar mereka dapat melakukan kolaborasi dalam mendidik anak sekolah dasar secara efektif. Guna membantu kebutuhan guru pembimbing/ konselor sekolah dan guru sekolah dasar, saat ini telah tersedia instrumen dimaksud dan diberi nama Skala Efikasi Diri Orang Tua dalam Pendidikan Anak Sekolah Dasar, selanjutnya dinamai SEDO PA. SEDO PA diharapkan dapat membantu para pendidik di sekolah dasar yang ingin meningkatkan mutu pendidikan bersama-sama dengan orang tua.

Item Type: Book
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86201-Counseling (S1)
Depositing User: Dr. Yosef Yosef
Date Deposited: 28 Apr 2023 07:32
Last Modified: 28 Apr 2023 07:32
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/97836

Actions (login required)

View Item View Item