Ismet, Ismet and Liliasari, Liliasari (2013) PERANAN MULTIPEL REPRESENTASI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPASIAL MAHASISWA CALON GURU. prosiding Seminar nasional Pendidikan, 1 (1). pp. 91-101. ISSN 978-979-3362-09-3
Text
UNSRI P 2.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Telah dilakukan penelitian untuk melihat efek perkuliahan mekanika berbasis multipelrepresntasi pada topik kinematika gerak translasi terhadap kecerdasan spasial mahasisa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Randimized Group Pretest-postest. Instumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yairu tes kecerdasa spasial yang dikembangkan berdasarkan taksonomi pemahaman kapasitas inti (understanding the core capacities) kecerdasan spasial. Analisis berdasarkan rerata N-gain pada kelompok eksperimen secara siginfikan lebih tinggi dibanding dengan mahasiswa kelompok kontrol. Penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan spasial mahasiswa kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok control, sehingga penggunaan multipelresentasi dapat meningkatkan kecerdasan spasial mahasiswa calon guru. Berdasarkan indikator kapasitasinti kecerdasan spasial, perbedaan N-gain paling tinggi terjadi pada indicator representasi grafik dan orientasi ruang. Dengan demikian model perkuliahan berbasis multipelrepresentasi paling efektif untuk peningkatan indicator representasi grafik dan orientasi ruang. Kata kunci: multipelrepresentasi, kecerdaan spasial, kinematika translasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84103-Physics Education (S2) |
Depositing User: | Dr, M.Si. Ismet Ismet |
Date Deposited: | 29 Apr 2023 07:45 |
Last Modified: | 29 Apr 2023 07:45 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/98054 |
Actions (login required)
View Item |