PERANAN MULTIPEL REPRESENTASI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPASIAL MAHASISWA CALON GURU

Ismet, Ismet and Liliasari, Liliasari (2013) PERANAN MULTIPEL REPRESENTASI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPASIAL MAHASISWA CALON GURU. prosiding Seminar nasional Pendidikan, 1 (1). pp. 91-101. ISSN 978-979-3362-09-3

[thumbnail of UNSRI P 2.pdf] Text
UNSRI P 2.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk melihat efek perkuliahan mekanika berbasis multipelrepresntasi pada topik kinematika gerak translasi terhadap kecerdasan spasial mahasisa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Randimized Group Pretest-postest. Instumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yairu tes kecerdasa spasial yang dikembangkan berdasarkan taksonomi pemahaman kapasitas inti (understanding the core capacities) kecerdasan spasial. Analisis berdasarkan rerata N-gain pada kelompok eksperimen secara siginfikan lebih tinggi dibanding dengan mahasiswa kelompok kontrol. Penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan spasial mahasiswa kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok control, sehingga penggunaan multipelresentasi dapat meningkatkan kecerdasan spasial mahasiswa calon guru. Berdasarkan indikator kapasitasinti kecerdasan spasial, perbedaan N-gain paling tinggi terjadi pada indicator representasi grafik dan orientasi ruang. Dengan demikian model perkuliahan berbasis multipelrepresentasi paling efektif untuk peningkatan indicator representasi grafik dan orientasi ruang. Kata kunci: multipelrepresentasi, kecerdaan spasial, kinematika translasi.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84103-Physics Education (S2)
Depositing User: Dr, M.Si. Ismet Ismet
Date Deposited: 29 Apr 2023 07:45
Last Modified: 29 Apr 2023 07:45
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/98054

Actions (login required)

View Item View Item