Laporan Penelitian_Pengaruh Pemakaian Minyak Solar, Biodiesel Minyak Sawit (CPO), dan Minyak Jarak Pagar (JCO), terhadap Performansi Motor Diesel Didacta Italia Testbed T 85 D

Ellyanie, Ellyanie and Zahri, M Zahri Kadir and Marwani, Marwani (2011) Laporan Penelitian_Pengaruh Pemakaian Minyak Solar, Biodiesel Minyak Sawit (CPO), dan Minyak Jarak Pagar (JCO), terhadap Performansi Motor Diesel Didacta Italia Testbed T 85 D. Lembaga Penelitian Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of dosen muda CPO CJO 2011.pdf] Text
dosen muda CPO CJO 2011.pdf

Download (11MB)

Abstract

Pengembangan Teknologi di Indonesia masih terus berlangsung, khususnya perkembangan teknologi di bidang bahan bakar alternatif karena bahan bakar sekarang mengalami kelangkaan. Penulis mencoba bereksperimen dengan dengan menambah minyak sawit (Crude Palm Oil/CPO) dan Minyak Jarak Pagar (Jathropa Curcas Oil/JCO) pada minyak solar guna mengetahui apakah campuran ini laik digunakan pada mesin diesel. Pengujian biodisel ini menggunakan mesin diesel testbed didacta T85D. Pengujian dengan pencampuran antara minyak solar, minyak sawit dan Minyak Jarak Pagar ini dilakukan pada campuran biodisesl B10, B20, dan B30 untuk mendapatkan parameter kendaraan bermotor, seperti torsi, pemakaian bahan bakar spesifik dan efisiensi termal. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pemakaian bahan bakar spesifik yang terendah pada campuran bahan bakar B 100 % JCO dan juga efisiensi termal tertinggi pada campuran biodisel B 100 % JCO untuk semua campuran biodiesel.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Articles Access for TPAK (Not Open Sources)
#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Research Grant/Fund
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 21201-Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Dr. Ellyanie Ellyanie
Date Deposited: 15 May 2023 07:57
Last Modified: 15 May 2023 07:57
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/98073

Actions (login required)

View Item View Item