ANALISIS PENGARUH KEDALAMAN KELENGKUNGAN KOLEKTOR DAN RECIEVER DENGAN GLASS TUBE TERHADAP PERFORMANSI PEMANAS AIR SURYA TIPE PARABOLIC TROUGH COLLECTOR

Marwani, Marwani and Zahri Kadir, Muhammad and Fadhlullah, Abduh (2018) ANALISIS PENGARUH KEDALAMAN KELENGKUNGAN KOLEKTOR DAN RECIEVER DENGAN GLASS TUBE TERHADAP PERFORMANSI PEMANAS AIR SURYA TIPE PARABOLIC TROUGH COLLECTOR. In: Seminar Nasional Avoer 10, 30-31 Oktober, Palembang.

[thumbnail of hal dpn+ mkalah avoer 10 th 2018.pdf] Text
hal dpn+ mkalah avoer 10 th 2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Energi matahari merupakan energi yang ramah lingkungan dengan pemanfaatannya yang beragam. Salah satu pemanfaatannya adalah alat pemanas air tenaga matahari yang biasa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.Solar water heater tipe parabolic trough collector adalah salah satu tipe pemanas air tenaga matahari; dimana prinsip kerjanya adalah sinar matahari dipantulkan oleh kolektor berbentuk parabola menuju pipa receiver yang kemudian energi panas ditransfer ke air yang berada didalam pipa receiver yang diletakkan pada titik fokus kolektor parabola.Kemudian air yang mulai panas mengalir ke dalam tangki dengan prinsip thermosyphon. Salah satu parameter yang penting dari alat pemanas air tipe ini adalah kedalaman lengkungan kolektor. Telah dilakukan penelitian secara eksperimental efek variasi kedalaman kelengkungan kolektor parabolik silindris y, 30 cm , 20 cm dan 10 cm dengan lebar apperture x yang sama. Dari analisis data uji didapatkan untuk kedalaman kelengkungan y = 30 cm dicapai suhu air tangki maksimum 53,5°C; laju aliran kalor air rerata, Qa = 54,70 W, dan effisiensi kolektor rerata ɳ = 9,85 % .Untuk kedalaman lengkung kolektor, y = 20 cm dicapai suhu air tangki maksimum 51,8°C; laju aliran kalor air rerata,Qa = 50,82 W, dan effisiensi kolektor rerata ɳ = 9,31 % . Sedangkan untuk kedalaman lengkung kolektor, y = 10 cm dicapai suhu air tangki maksimum 49,20°C; laju aliran kalor air rerata, Qa = 44,61 W, dan effisiensi kolektor rerata ɳ = 8,31 %. Jadi pertambahan kedalaman kelengkungan kolektor akan meningkatkan performansi sistem.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Articles Access for TPAK (Not Open Sources)
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 21201-Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Dr. Ir, Marwani Marwani
Date Deposited: 29 Apr 2023 14:20
Last Modified: 29 Apr 2023 14:20
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/98159

Actions (login required)

View Item View Item