Artikel dan Kelengkapan: Pengaruh Vegetasi terhadap Kualitas Genangan pada Ruang Terbuka di Permukiman Tepian Sungai Musi, Palembang

Oktarini, Maya Fitri (2021) Artikel dan Kelengkapan: Pengaruh Vegetasi terhadap Kualitas Genangan pada Ruang Terbuka di Permukiman Tepian Sungai Musi, Palembang. Ilmu Lingkungan, Pasca Sarjana, Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of Air Lgkp.pdf] Text
Air Lgkp.pdf

Download (614kB)

Abstract

Vegetasi pada lahan bantaran sungai merupakan bagian penting dalam penjernihan air untuk menjaga ekosistem lahan basah pada bantaran sungai. Vegetasi mempengaruhi kualitas lahan basah di bantaran sungai. Jenis vegetasi lahan basah memiliki berbagai jenis dengan perbedaan ukuran, manfaat, dan lain-lain. Penelitian ini mengkaji pengaruh vegetasi terhadap aliran dan tingkat kekeruhan genangan di ruang terbuka permukiman sepanjang bantaran Sungai Musi, Palembang. Sebagian besar permukiman ini tidak memiliki sistem pembuangan limbah dan sampah. Limbah toilet rumah-rumah tersebut langsung dialirkan ke lingkungan sekitar yang tergenang serta sebagian besar warga membuang sampahnya di ruang terbuka di pinggir sungai. Penelitian ini menggunakan metode observasi lapangan untuk menganalisis distribusi dan korespondensi antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis vegetasi yang paling dominan di bantaran sungai Musi adalah tumbuhan perdu air. Ruang terbuka dengan tanaman penutup rapat memiliki aliran sungai dan pasang surut yang tersumbat. Ini meningkatkan tingkat berlumpur dan bau air yang tergenang. Vegetasi dapat menjernihkan air, tetapi juga menghambat aliran air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi tanaman air sebagai penjernih air tidak berjalan dengan baik pada saat sampah dan limbah memenuhi bantaran sungai.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Reviewer of Journal/Conference
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 23201-Architecture (S1)
Depositing User: Dr Maya Fitri
Date Deposited: 30 Apr 2023 13:08
Last Modified: 30 Apr 2023 13:08
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/98475

Actions (login required)

View Item View Item