Cover, Artikel, Sertifikat: Kepuasan Lingkungan dan Keinginan Pindah pada Pemukim di Permukiman Kumuh Tepian Sungai Musi, Palembang

Oktarini, Maya Fitri (2021) Cover, Artikel, Sertifikat: Kepuasan Lingkungan dan Keinginan Pindah pada Pemukim di Permukiman Kumuh Tepian Sungai Musi, Palembang. In: Applicable Innovation and Science Research 11.

[thumbnail of Avoer 11 lgkp.pdf] Text
Avoer 11 lgkp.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permukiman kumuh tepian sungai identik dengan hunian dan lingkungan yang tidak nyaman. Permukiman dengan hunian yang kurang layak dan lingkungan yang minim fasilitas umum dan infrastruktur, rentan kebanjiran, hunian yang terlalu padat, bau dan banyak sampah. Berbagai strategi perbaikan hunian dan lingkungan yang telah dilakukan oleh pemerintah. Strategi perbaikan tersebut lebih banyak dilakukan dengan pertimbangan terhadap kualitas objektif dari hunian dan lingkungan. Penelitian ini meneliti persepsi pemukim mengenai kualitas hunian dan lingkungan permukimannya. Persepsi pemukim ini merupakan dasar pertimbangan dalam strategi perbaikan lingkungan yang berangkat dari kebutuhan masyarakat setempat. Sampel penelitian diambil pada empat lokasi permukiman kumuh yang berada pada sepanjang tepian Sungai Musi di Kota Palembang. Data diambil melalui observasi lapangan dan kuesioner. Hasil analisis menunjukkan kualitas hunian dan lingkungan pemukim tidak berkorelasi langsung dengan keinginan pemukim untuk pindah ke hunian atau lingkungan lain. Kualitas hunian yang dikeluhkan adalah lahan yang sempit. Mereka juga mengeluhkan rumah yang sempit, rusak dan tidak adanya septiteng pada kakusnya. Kualitas permukiman yang dikeluhkan oleh pemukim adalah sampah, kurangnya ruang terbuka dan fasiltas umum serta bau pada lingkungan. Pemerintah dapat meningkatkan merevitalisasi permukiman dengan mempertimbangkan perbaikan pada kualitas hunian dan lingkungan tersebut.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Conference or Workshop
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 23201-Architecture (S1)
Depositing User: Dr Maya Fitri
Date Deposited: 01 May 2023 02:17
Last Modified: 01 May 2023 02:17
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/98485

Actions (login required)

View Item View Item