Pengaruh Kemiringan Flow Straightener Terhadap Tingkat Keseragaman Aliran Gas Buang Pada Sampling Point

Dewi, Puspitasari and Ellyanie, Ellyanie and Marwani, Marwani and Pramadhony, Pramadhony and Muhammad, Imam (2018) Pengaruh Kemiringan Flow Straightener Terhadap Tingkat Keseragaman Aliran Gas Buang Pada Sampling Point. In: Seminar Nasional Energi dan Industri Manufaktur (SIGER 2017), 7-8 November 2017, Unila Lampung.

[thumbnail of Prosiding SIGER 2017.pdf] Text
Prosiding SIGER 2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Emisi yang dihasilkan oleh sektor industri menyebabkan degradasi kualitas udara ambien. Untuk memantau dampaknya, pemerintah Indonesia telah mengatur perusahaan untuk melakukan pemantauanterhadap kualitas emisi. Menurut metode 1 EPA A.S., aliran berpusar di cerobong asap dilarang, danpenyederhanaan gas buang pada sampling point harus seragam dan vertikal. Pemasangan flow straighteneradalah salah satu metode untuk mengkondisikan gas buang, sehingga aliran dapat memenuhi persyaratanpengukuran emisi. Dalam pekerjaan ini telah dilakukan modifikasi kemiringan flow straightener dengan analisiskomputasi untuk mengamati efek dari aliran gas buang pada sampling point. Ada empat kondisi analisiskomputasional, yaitu: cerobong tanpa flow straightener, dengan memasang flow straightener yang memilikikemiringan 0o, 30o dan 45o. Berdasarkan analisis komputasional, kemiringan flow straightener mampumemperbaiki tingkat seragam aliran gas buang yang dibutuhkan untuk meningkatkan akurasi pengukuran. Disisi lain kemiringan juga berpengaruh pada peningkatan tekanan di cerobong asap namun masih bisa ditolerir.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9502-9502.5 Energy industries. Energy policy. Fuel trade
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 21201-Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Dr. Ir, Marwani Marwani
Date Deposited: 30 Apr 2023 23:34
Last Modified: 30 Apr 2023 23:34
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/98507

Actions (login required)

View Item View Item