Monograf Monopoli BUMN dalam Perspektif Hukum Persaingan Usaha

Putu Samawati, Putu (2018) Monograf Monopoli BUMN dalam Perspektif Hukum Persaingan Usaha. CV. Tunggal Mandiri Publishing, Malang. ISBN 978-602-8878-65-4

[thumbnail of Buku Monopoli BUMN dalam Perspektif Hukum Persaingan Usaha] Text (Buku Monopoli BUMN dalam Perspektif Hukum Persaingan Usaha)
2018 Buku MONOPOLI BUMN.pdf - Published Version

Download (448kB)

Abstract

Konsep (SDA) serta cabang-cabang produksi penting yang diamanahkan onsep ekonomi kerakyatan dan pengelolaan Sumber Daya Alam oleh Pasal 33 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia (UUD NRI) 1945 diberikan kewenangannya kepada pemerintah, dengan tujuan utama meningkatkan kesejahteraa rakyat secara adil dan beradab. Lebih lanjut konsep pengelolaan SDA dan cabang-cabang produksi penting bagi negara dapat dikelola secara monopoli melalui BUMN berdasarkan Pasal 51 Undang-undang No.5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Desakan globalisasi dan kehendak IMF di tahun 1998 berdampak pada dilepaskannya hak monopoli pada BUMN berkharakter publik khususnya yang mengelola SDA dan menyangkut hajat hidup orang banyak kepada pihak swasta bahkan asing melalui privatisasi. Kondisi ini berdampak pada penguasaan oleh swasta atau asing yang memiliki modal besar sehingga melahirkan kongomerasi. Permasalahan lain yang muncul adalah secara lambat laun prinsip ekonomi kerakyatan yang dibangun oleh pendiri negara RI (founding father) bergeser menjadi ekonomi kapitalis liberal yang tentu saja mengenyampingkan perlindungan terhadap rakyat banyak dalam memperoleh jaminan kesejahteraan secara adil dan merata. Hak monopoli BUMN dalam pengelolaan SDA dan cabang-cabang produksi penting bagi negara merupakan salah satu bentuk kedaulatan lndonesia di mata dunia. Persoalan wewenang pelimpahan hak monopoli kegiatan usaha pengelolaan SDA atau pelayanan publik kepada BUMN berkharakter publik demi menekan konglomerasi akan menjadi bahasan utama dalam buku ini. Kajian hukum korporasi/perusahaan dan hukum persaingan usaha/anti monopoli digunakan sebagai dasar dalam membantu memaparkan kajian mengenai kebijakan monopoli yang diberikan kepada BUMN oleh pemerintah khususnya bagi BUMN yang menjalankan kegiatan usaha dibidang cabang-cabang produksi penting dan menguasai hajat hidup orang banyak. Analisis dilakukan dalam rangka untuk menghasilkan strategi yang dibangun guna menemukan parameter konsep monopoli yang mengakomodasi tuntutan globalisasi masyarakat dunia dan tuntutan perlindungan terhadap aset Sumber Daya Alam yang menguasai Hajat Hidup orang/rakyat banyak merupakan kebaharuan yang akan dipaparkan dalam buku ini. Sasaran utama yang ingin dicapai adalah mendukung pembanguan bangsa Indonesai sebagai bagian dari pelaksanaan visi Indonesia 2045 yaitu berdaulat, maju, adil, dan makmur.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: demonopilisasi, BUMN, Hukum Persaingan Usaha
Subjects: K Law > K Law (General) > K1000-1395 Commercial law
Divisions: 02-Faculty of Law > 74102-Notarial Law (S2)
Depositing User: Putu Samawati
Date Deposited: 01 May 2023 14:14
Last Modified: 01 May 2023 14:14
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/98714

Actions (login required)

View Item View Item