Kualitas Hijauan Pakan di Rawa Lebak Padang Penggembalaan Kerbau Pampangan (Similarity)

Ali, Asep (2012) Kualitas Hijauan Pakan di Rawa Lebak Padang Penggembalaan Kerbau Pampangan (Similarity). Kemenristek, Seminar nasional insentif riset nasional 2012.

[thumbnail of ali 2012 kualitas hij rawa.pdf] Text
ali 2012 kualitas hij rawa.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penggembalaan kerbau di lahan rawa lebak merupakan satu upaya pemanfaatan lahan untuk meningkatkan pendapatan petani peternak di Sumatera Selatan. Kajian ini bertujuan untuk mengkaji Komposisi Botani dan jenis vegetasi yang dikonsumsi serta komposisi kimia hijauan pakan di rawa lebak sebagai padang penggembalaan Kerbau Pampangan. Hasil kajian menunjukan bahwa Terdapat 24 spesies vegetasi lahan rawa yang 14 jenis diantaranya dikonsumsi ternak kerbau yang digembalakan dengan kandungan protein dan fraksi serat yang cukup sesuai dengan kebutuhan ternak kerbau yang digembalakan. Tidak adanya pengaturan penggembalaan ternak mengakibatkan rendahnya produksi bahan kering hijauan pakan terutama pada area sekitar kandang serta di musim kering sehingga perlu dilakukan pengaturan penggembalaan serta pemanfaatan produk samping pertanian untuk meningkatkan asupan bahan kering bagi ternak kerbau yang digembalakan tersebut.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 05-Faculty of Agriculture > 54231-Animal Husbandry (Animal Science) (S1)
Depositing User: asep indra munawar ali
Date Deposited: 05 May 2023 07:59
Last Modified: 05 May 2023 07:59
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/99550

Actions (login required)

View Item View Item