Similarity: Desain Pengembangan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut Berbasis Keseimbangan Gyroscope

Dwijayanti, Suci (2023) Similarity: Desain Pengembangan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut Berbasis Keseimbangan Gyroscope. ithenticate universitas sriwijaya.

[thumbnail of Desain_Pengembangan_Sistem_Pembangkit_Listrik_Tena.pdf] Text
Desain_Pengembangan_Sistem_Pembangkit_Listrik_Tena.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indonesia sebagai negara maritim yang luas memiliki potensi sumber energi terbarukan yang berasal dari laut. Dengan memanfaatkan gelombang laut sebagai energi, pembangkit listrik tenaga gelombang laut (PLTGL) dapat menghasilkan tegangan listrik yang cukup untuk memberikan suplai ke peralatan listrik. Selama ini gelombang merupakan permasalahan karena sangat tergantung pada besar kecilnya angin sehingga mempengaruhi tenaga listrik yang dihasilkan. Oleh karena itu pada penelitian ini dikembangkan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut yang berbasis keseimbangan gyroscope. Pada artikel ini fokus pembahasan pada pengaruh gerakan rotasi gimbal terhadap power take off (PTO) generator. Pergerakan dari flywheel yang berputar akan memberikan momentum kepada gimbal untuk dapat berotasi. Berdasarkan simulasi numerik interaksi antara gimbal dan PTO generator akan menghasilkan tegangan listrik. Hasil yang didapatkan dari percobaan akan mendukung analisa teoritis dan simulasi, serta sebagai acuan untuk membuat desain PLTGL yang memiliki pengendali berkinerja tinggi.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 20201-Electrical Engineering (S1)
Depositing User: Ms Suci Dwijayanti
Date Deposited: 05 May 2023 12:23
Last Modified: 05 May 2023 12:24
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/99796

Actions (login required)

View Item View Item