Similarity result of Perlindungan Dan Pemanfaatan Kekayaan Intelektual Atas Pengetahuan Tradisional Dan Ekspresi Budaya Tradisional Di Provinsi Sumatera Selatan.

Handayani, Sri and Rasyid, Muhamad and Rabbani, Labib and Hibatullah, Irfan (2021) Similarity result of Perlindungan Dan Pemanfaatan Kekayaan Intelektual Atas Pengetahuan Tradisional Dan Ekspresi Budaya Tradisional Di Provinsi Sumatera Selatan. Turnitin Universitas Sriwijaya, Sarawak-Indonesia.

[thumbnail of Cek Turnitin - Prosiding Internasional_compressed-1.pdf] Text
Cek Turnitin - Prosiding Internasional_compressed-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indonesia adalah negara dengan kekayaan dan keragaman budaya serta tradisi yang luar biasa. Bagi masyarakat Indonesia pada umumnya, Pengetahuan Tradisional dan Ekspresi Budaya Tradisional adalah bagian integral dari kehidupan sosial masyarakat. Hukum memberikan sarana perlindungan terhadap sebuah karya cipta yang merupakan produk dari pikiran manusia. Dengan adanya Undang-undang Nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta, maka terhadap karya cipta yang dihasilkan dapat diberikan perlindungan. Bentuk nyata ciptaan-ciptaan yang dilindungi dapat berupa ilmu pengetahuan,seni,dan sastra. Perlindungan dimaksud adalah untuk melindungi Pengetahuan Tradisional dan Ekspresi Budaya Tradisional terhadap pemanfaatan yang dilakukan tanpa hak dan melanggar kepatutan. Penelitian ini adalah penelitan hukum empiris dengan menggunakan data primer yang didapat langsung dari lapangan. Provinsi Sumatera Selatan merupakan sebuah Provinsi di Indonesia. Ibu kotanya Palembang. Provinsi ini terdiri dari 17 kabupaten/kota. Dimana masing-masing kabupaten/kota tersebut memiliki Pengatahuan Tradisional dan Ekspresi Budaya Tradisional. Perlindungan yang dilakukan dengan inventarisasi dan mendokumentasi Pengetahuan Tradisional dan Ekspresi Budaya Tradisional asal Sumatera Selatan. Keragaman budaya ini harusnya menjadi fokus perhatian Pemerintah daerah. Karena kekayaan itu tidak semata-mata untuk seni dan budaya itu sendiri, tetapi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan di bidang perdagangan dan industri yang melibatkan para penciptanya. Dengan demikian, kekayaan seni dan budaya yang dilindungi dapat meningkatkan kesejahteraan daerah tersebut.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Perlindungan dan Pemanfaataan, Kekayaan Intelektual, Pengetahuan Tradisional, Eskpres Budaya Tradional, Sumatera Selatan
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Sri Handayani
Date Deposited: 06 May 2023 14:06
Last Modified: 06 May 2023 14:06
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/99812

Actions (login required)

View Item View Item