PENGARUH PENILAIAN UNJUK KERJA TERHADAP SIKAP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SRIJAYA NEGAGA PALEMBANG

Dra., M.Si. Siti Fatimah (2013) PENGARUH PENILAIAN UNJUK KERJA TERHADAP SIKAP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SRIJAYA NEGAGA PALEMBANG. Criksetra, 3 (4). pp. 1-9. ISSN 1978-8673

[thumbnail of PENGARUH_PENILAIAN_UNJUK_KERJA_TERHADAP_SIKAP_PERSERTA_DIDIK.pdf]
Preview
Text
PENGARUH_PENILAIAN_UNJUK_KERJA_TERHADAP_SIKAP_PERSERTA_DIDIK.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kegiatan penelitian ini dilakukan untukmengetahui perbedaan pengaruh penilaian unjuk kerja dengan penilaian hasil kerja terhadap sikap peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Srijaya Negara Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X yang berjumlah 289 orang dan terdiri dari 8 kelas tahun 2012-2013. Sampel diambil dengan Sampling Purposive sehingga didapat kelas X plus 1 jumlah peserta didik 38 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X plus 2 jumlah peserta didik 38 orang sebgai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tugas dan angket. Untuk kelas X plus 1 tugas diberikan dalam bentuk makalah untuk mengetahui penilaian unjuk kerja peserta didik pada mala pelajaran ekonomi sedangkan untuk kelas X plus 2 tugas diberikan dalam bentuk kliping untuk mengetahui penilaian hasil kerja peserta didik pada mata pelajaran ekonomi dan angket diberikan untuk mengetahui sikap peserta didik terhadap mata pelajaran ekonomi. Kemudian hasil dari data tersebut dianalisis. Setelah dianalisis maka diperoleh nilai r hitung = 0,603 dan nilai KP sebesar 36,36%, dengan demikian berarti unjuk kerja dipengaruhi oleh faktor lain. Untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t didapat nilai t hitung 3,39 sedangkan perbedaan pengaruh penilaian unjuk kerja dengan penilaian hasil kerja terhadap sikap peserta didik pada mata pelajaran ekonomi sebesar 36,36% dan 63,64% dipengaruhi oleh faktor lain. Untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t didapat nilai t hitung 3,39 sedangkan t tabel = 2,003. Dengan demikian hipotesis diajukan dalam penilaian ini dapat diterima yaitu ada perbedaan pengaruh penilaian unujukm kerja dengan penilaian hasil kerja terhadap sikap perserta didi pada mata pelajaran ekonomi di SMA Srijaya Negara Palembang. Kata kunci: penilaian unujk kerja, sikap peserta didik

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Tiwi Pratiwi Marini
Date Deposited: 08 Oct 2019 02:21
Last Modified: 08 Oct 2019 02:21
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/10338

Actions (login required)

View Item View Item