Implementasi Pendekatan Discovery untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Menengah di FKIP Unsri

Fatimah, Siti (2013) Implementasi Pendekatan Discovery untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Menengah di FKIP Unsri. Jurnal Forum SOSIAL, VI (01). pp. 283-288. ISSN 1972-8681

[thumbnail of IMPLEMENTASI_PENDEKATAN_DISCOVERY.doc] Text
IMPLEMENTASI_PENDEKATAN_DISCOVERY.doc

Download (120kB)

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah melalui pendekatan discovery semester genap tahun ajaran 2011/2012 di program studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya. Rendahnya hasil belajar mahasiswa untuk nilai baik dan sangat baik memberikan indikasi bahwa proses pembelajaran yang dilakukan selama ini kurang memberi makna bagi mahasiswa. Agar perkuliahan menjadi lebih produktif perlu dilakukan perbaikan desain dan strategi perkuliahan dengan menerapkan pendekatan discovery, dimana pendekatan discovery lebih menekankan pada menemukan sendiri materi yang akan dipelajari memungkinkan mahasiswa untuk penguasaan materi yang optimal. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester II tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 46 orang dan 3 peneliti. Penelitian ini menggunakan tiga siklus, yang terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan (tindakan), evaluasi dan refleksi. Kegiatan penelitian ini diawali dengan menjajaki permasalahan yang dihadapi dosen dalam melaksanakan pembelajaran untuk menentukan tindakan yang dipilih dengan menggunakan pendekatan discovery maka dilaksanakan penelitian tindakan siklus pertama, dilanjutkan siklus kedua, dan diakhiri siklus ketiga. Hasil yang diperoleh dari hasil tes untuk mahasiswa dilaporkan secara deskriptif kuantitatif. Secara umum hasilnya menunjukkan perkuliahan dengan pendekatan discovery dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa yang dilihat dari peningkatan hasil belajar dari siklus pertama hingga siklus ketiga. Pada akhir siklus ketiga semua indikator dapat tercapai sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan discovery proses perkuliahan dan hasil belajar mahasiswa dapat meningkat. Disarankan kepada dosen diharapkan dalam proses perkuliahan n mau merubah pendekatan, strategi, dan model pembelajaran sehingga proses perkuliahan lebih menarik. Kata Kunci : pemahaman mahasiswa, pendekatan discovery.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Tiwi Pratiwi Marini
Date Deposited: 07 Oct 2019 08:00
Last Modified: 07 Oct 2019 08:00
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/10343

Actions (login required)

View Item View Item