Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan SMA di Kota Pagar Alam dan Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan

Suhendi, Didi (2012) Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan SMA di Kota Pagar Alam dan Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan. Project Report. Universitas Sriwijaya, Indralaya. (Unpublished)

[thumbnail of sampul_laporan_pengabdian.pdf]
Preview
Text
sampul_laporan_pengabdian.pdf

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of Laporan_Penelitian_PPMP.pdf]
Preview
Text
Laporan_Penelitian_PPMP.pdf

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of Laporan_Hasil_PPMP.pdf]
Preview
Text
Laporan_Hasil_PPMP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mengacu kepada hasil analis data penelitian pemetaan dan pengembangan mutu pendidikan SMA di Kabupaten Empat Lawang dan Kota Pagar Alam Provinsi Sumatera Selatan, tahun 2011 hampir semua mata pelajaran terdapat kompetensi kemampuan yang belum dikuasai siswa. Solusi atas permasalahan rendahnya mutu pendidikan tersebut perlu dicarikan alternatif penyelesainnya. Untuk menyelesaikan masalah tersebut dilakukan pelatihan Lesson Study (LS). Sasaran kegiatan ini adalah guru sembilan mata pelajaran yang di-UN-kan, pengawas, dan kepala sekolah serta pejabat Dinas Pendidikan. Tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan alternatif solusi bagi guru, pengawas dan kepala sekolah serta Dinas Pendidikan di kedua kabupaten Empat Lawang dan Kota Pagar Alam dalam memecahkan permasalahan pembelajaran secara menyeluruh. Kegiatan yang telah dilakukan meliputi 2 tahap : (1) pelatihan guru pemandu LS, (2) Pelatihan guru inisiator LS untuk pelaksanaan LS di sekolah. Pelatihan tahap 1 dan 2 difasilitasi oleh Tim PM-PMP FKIP Unsri, sedangkan pelatihan tahap 3 dan seterusnya diharapkan dapat dilaksanakan secara mandiri oleh MGMP. Pelatihan LST ini telah berhasil memenuhi verifikasi target luaran kegiatan pengabdian masyarakat PM-PMP dengan menerapkan model Lesson Study kepada guru, pengawas, dan kepala sekolah yang melibat 109 orang. Kegiatan ini juga berhasil membuktikan bahwa dengan menerapkan model LS altenatif memecahkan masalah pembelajaran SMA di Kabupaten Empat Lawang dan Kota Pagar Alam. Pelatihan LS dapat dilanjutkan kepada guru dan sekolah yang lain seperti yang dilakukan oleh Diknas Kota Pagar Alam yang telah memasukkan sebagai program pada Juli 2013.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Model pengembangan mutu, SMA,lesson study, Empat Lawang, Pagar Alam
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Tiwi Pratiwi Marini
Date Deposited: 08 Oct 2019 03:34
Last Modified: 08 Oct 2019 03:34
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/10356

Actions (login required)

View Item View Item