PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MADRASAH ALIYAH

A.R., Aisyah (2012) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MADRASAH ALIYAH. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2 (1). pp. 65-78. ISSN 2087-9903

[img] Text
6_Nelly-Efrina_ok_(2).doc

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan multimedia interaktif yang valid, praktis, dan mempunyai efek potensial terhadap hasil belajar pada pembelajaran kimia. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Palembang. Multimedia ini dikembangkan melalui enam tahapan, yaitu konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, testing, dan evaluasi. Untuk melihat validitas dilakukan evaluasi ahli, untuk melihat praktikalitas, digunakan evaluasi satu-satu dan evaluasi kelompok kecil, sedangkan untuk melihat efek potensial digunakan uji lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa respon siswa dengan kategori sangat baik 65% dan kategori baik 35%. Hasil belajar dengan kategori sangat baik 40% dan kategori baik 60%. Dengan menggunakan evaluasi ahli, evaluasi satu-satu, evaluasi kelompok kecil, dan uji lapangan, disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan telah valid, praktis, dan memiliki efek potensial pada hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, pembelajaran kimia, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86205-Non-Formal Education (S1)
Depositing User: Mrs. Tiwi Pratiwi Marini
Date Deposited: 08 Oct 2019 03:37
Last Modified: 08 Oct 2019 03:37
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/10367

Actions (login required)

View Item View Item