Pengembangan Manajemen Berbasis Sekolah Menggunakan?Model Continuous Quality Improvement (CQI) Dengan Plan, Do Study, ACT (PDSA)? Pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Palembang

Sumarni, Sri (2009) Pengembangan Manajemen Berbasis Sekolah Menggunakan?Model Continuous Quality Improvement (CQI) Dengan Plan, Do Study, ACT (PDSA)? Pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Palembang. Project Report. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya, Inderalaya. (Unpublished)

[thumbnail of PENGEMBANGAN_MANAJEMEN_BERBASIS_SEKOLAH.pdf]
Preview
Text
PENGEMBANGAN_MANAJEMEN_BERBASIS_SEKOLAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

MBS adalah salah satu manajemen yang bertujuan untuk memberdayakan sekolah, terutama sumber daya manusianya yaitu kepala sekolah, guru, peserta didik, orang tua, masyarakat dan lainya yang dapat memberikan masukan terhadap sekolah. MBS dijadikan sebagai alternatif dalam reformasi pendidikan dikarenakan sentralistik selama ini dilakukan di sekolah-sekolah memiliki banyak kelemahan (seperti pengambilan keputusan oleh pusat tidak sesuai dengan kebutuhan sekolah dan birokrasinyapun masih berbelit-belit), sekolah berkesempatan untuk berpartisipasi memajukan peserta didik apabila guru, orang tua peserta didik dan masyarakat ikut bertanggung jawab mengelola sekolah. Berkaitan dengan pengembangan MBS melalui ?Model Manajemen Berbasis CQI dengan PDSA? belum banyak yang mengenalnya terutama kepala sekolah dan guru. Model pengembangan ini diyakini berkorelasi dengan peningkatan proses MBS dan mutu sekolah. Oleh karena itu MBS dengan pengembangan ?Model Manajemen Berbasis CQI dengan PDSA? dengan tujuan peningkatan pelaksanaan MBS yang bermutu sangat penting dan dibutuhkan oleh sekolah mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah, walaupun pada saat ini penulis hanya membatasi pada SMP saja. Secara umum penelitian ini bertujuan: (1) mengidentifikasi komponen-komponen MPMBS yang sudah dilaksanakan di Sekolah Menengah tingkat Pertama pada periode terakhir sebelum penelitian ini dimulai, (2) mengembangkan dan mengimplementasikan MBS dengan ?Model Manajemen CQI dengan PDSA?, (3) mengevaluasi serta merevisi konsep MBS yang diimplementasikan untuk SMP, (4) menghasilkan pedoman penerapan MBS menggunakan model pengembangan CQI dengan PDSA di masing-masing SMP.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: MBS, Model CQI, PDSA
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86207-Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Mrs. Tiwi Pratiwi Marini
Date Deposited: 08 Oct 2019 03:37
Last Modified: 08 Oct 2019 03:37
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/10386

Actions (login required)

View Item View Item