Penerapan Lesson Study untuk Meningkatkan Profesional Dosen dan Hasil Belajar Mahasiwa pada Mata Kuliah Perkembangan Hewan di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri

Riyanto, Riyanto (2014) Penerapan Lesson Study untuk Meningkatkan Profesional Dosen dan Hasil Belajar Mahasiwa pada Mata Kuliah Perkembangan Hewan di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri. Jurnal Pembelajaran Biologi FKIP Unsri, 02 (01). pp. 158-165. ISSN 2355-7192

[thumbnail of Penerapan_LS_untuk_peningkatan_profesional_dan_hasil_bel_mhs_Pend_Biologi_FKIP_Unsri_(SIPKD).pdf]
Preview
Text
Penerapan_LS_untuk_peningkatan_profesional_dan_hasil_bel_mhs_Pend_Biologi_FKIP_Unsri_(SIPKD).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://www.unsri.ac.id/

Abstract

Abstrak Mata kuliah Perkembangan Hewan (PH) di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri memiliki bobot 3 sks, terdiri dari 2 sks teori dan 1 sks praktikum. Proses belajar dan mengajar (PBM) mata kuliah PH di kelas sudah ada evalusi, namun sebatas evalusi yang dilakukan oleh mahasiswa terhadap kegiatan perkuliahan bukan evaluasi untuk meningkatkan kinerja dosen. Salah satu kegiatan untuk meningkatkan kinerja dosen di Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Unsri adalah penerapan Lesson Study (LS) yang diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme dosen termasuk dalam proses perkuliahan PH di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri. Penulisan makalah ini bertujuan untuk memberikan informasi bahwa penerapan LS dapat meningkatkan profesional dosen dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah PH di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri. Jenis metode penelitian ini adalah deskriptif, karena melaporkan hasil observasi dan evaluasi terhadap pelaksanaan PBM pada mata kuliah PH di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri. Pada pelaksanaannya berkolaborasi dengan dosen ? dosen Pendidikan MIPA, khususnya Pendidikan Biologi, yaitu pada saat plan, do dan see. Subjek penelitian ini adalah dosen pengasuh mata kuliah PH dan mahasiswa semester V tahun ajaran 2011/2012 kelas Indralaya dengan jumlah 37 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan evaluasi di kelas pada saat PBM. Hasil penelitian menunjukkan 1. Pengamatan LS terakhir atau ketiga seluruh kegiatan PBM yang difokuskan pada pemahaman konsep oleh mahasiswa sudah baik. Hal ini terlihat pada PBM dari kegiatan awal sampai kegiatan akhir tidak muncul kelemahan. Artinya sudah terjadi peningkatan PBM menjadi lebih baik, peningkatan kompetensi padegogik dosen model seperti perbaikan perangkat pembelajaran, ppt, LKM, dan bahan ajar serta menemukan langkah pembelajaran yang tepat. 2. Terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa pada LS pertama, kedua dan ketiga masing ? masing sebesar 45,67, 65,12 dan 77,00 dan terjadi ketuntasan belajar mahasiswa, yaitu lebih dari 85 % mendapat skor di atas 56. Kesimpulan 1. Penerapan LS dapat meningkatkan profesional dosen pengasuh mata kuliah PH di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri. 2. Penerapan LS dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah PH di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri. Kata Kunci: Lesson Study, Dosen Profesional, Hasil Belajar dan Perkembangan Hewan

Item Type: Article
Additional Information: Lesson study untuk peningkatan profesional guru dan dosen
Uncontrolled Keywords: Lesson Study, Dosen Profesional, Hasil Belajar dan Perkembangan Hewan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Riyanto Riyanto
Date Deposited: 09 Oct 2019 06:31
Last Modified: 09 Oct 2019 06:31
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/10446

Actions (login required)

View Item View Item