PENGARUH PERIODE PENYIANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN DALAM POLA BERTANAM TUMPANG SARI JAGUNG DENGAN KEDELAI

Gozali, Karnadi and Parto, Yakup and Wijaya, Edwin (1999) PENGARUH PERIODE PENYIANGAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN DALAM POLA BERTANAM TUMPANG SARI JAGUNG DENGAN KEDELAI. In: Prosiding I, Konferensi Nasional XIV Himpunan Ilmu Gulma Indonesia, 20 -22 Juli 1999, Medan.

[img]
Preview
Text
Halaman_Judul_3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Isi_2.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Sertifikat_3.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian untuk mengetahui pengaruh periode penyiangan terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman dalam pola bertanam tumpangsari jagung dengan kedelai dilaksanakan di Indralaya, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan. Rancangan yang digunakan adalah rancangan petak terbagi (RPT) dengan tiga ulangan. Petak utama adalah pola bertanam, yaitu tanam tunggal jagung dan tumpangsari jagung dengan kedelai. Anak petak adalah periode penyiangan yang dinyatakan dalam hari setelah tanam (HST), yaitu 0-15 HST, 0-30 HST, 0-45 HST, 0-60 HST, 0-75 HST, 0-panen, 16 HST-panen, 31 HST-panen, 46 HST-panen, 61 HST-panen, 76 HST-panen, dan tanpa penyiangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa periode penyiangan yang semakin panjang dari awal pertumbuhan tanaman semakin meningkat pertumbuhan dan produksi jagung pada pola bertanam tumpangsari jagung dengan kedelai. Periode penyiangan yang makin pendek menjelang panen menyelang panen makin menurunkan pertumbuhan dan produksi jagung pada pola bertanam tunggal jagung serta menurunkan pertumbuhan pertumbuhan dan produksi jagung maupun kedelai pada pola bertanam tumpangsari jagung dengan kedelai. Penerapan pola bertanam tumpangsari jagung dengan kedelai dapat menunda dan mengurangi periode kristis persaingan gulma, yaitu dari 0-45 HST pada pola bertanam tunggal jagung menjadi 15-45 HST pada pola bertanam tumpangsari jagung dengan kedelai.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S1-(972) Agriculture (General)
Divisions: 05-Faculty of Agriculture > 54204-Agronomy (Agricultural Sciences) (S1)
Depositing User: Nukmal Hakim
Date Deposited: 11 Oct 2019 04:13
Last Modified: 11 Oct 2019 04:13
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/10612

Actions (login required)

View Item View Item