PENGARUH METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN

REFINA, TRIANDA and Koryati, Dewi and Deskoni, Deskoni (2018) PENGARUH METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[img]
Preview
Text
RAMA_87203_06031181419004_0022086402_0001017402_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
RAMA_87203_06031181419004_0022086402_0001017402_02. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_87203_06031181419004_0022086402_0001017402_03. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_87203_06031181419004_0022086402_0001017402_04. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_87203_06031181419004_0022086402_0001017402_05. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_87203_06031181419004_0022086402_0001017402_06_ref. pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
RAMA_87203_06031181419004_0022086402_0001017402_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh metode Drill terhadap hasil belajar peserta didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain pre-experimental design dengan bentuk one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IIS di SMA Negeri 1 Indralaya Selatan yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian menggunakan cluster random sampling, sehingga terpilih kelas X IIS 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi, dimana sampel diberikan lembar test yaitu pre-test dan post-test untuk membuktikan pengaruh dari variabel X (metode drill) dan Y (hasil belajar). Teknik analisis data berupa uji normalitas data dan uji linearitas regresi. Pengujian hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji t test sampel related. Dapat dianalisis bahwa hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan dengan metode drill pada kelas eksperimen terdapat perbedaan, untuk pre-test dengan nilai rerata 42 sedangkan untuk nilai post-test dengan rerata sebesar 83,8. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji t test sampel related diperoleh nilai thitung = 20,59 > ttabel = 1,685 maka hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, kemudian uji korelasi product moment didapat nilai r = 0,749. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh metode Drill terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. Diharapkan bagi pendidik dalam menerapkan metode Drill dapat mem- bimbing aktivitas peserta didik saat memberikan latihan soal serta merencanakan waktu yang diperlukan dalam menerapkan metode Drill.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3050-3060.87 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 18 Oct 2019 02:46
Last Modified: 18 Oct 2019 02:46
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/11978

Actions (login required)

View Item View Item