PERAN KONTEKS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA (TINJAUAN PENGEMBANGAN KONTEKS KESEBANGUNAN BERBASIS MATEMATIKA REALISTIK)

Somad, Somakim (2009) PERAN KONTEKS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA (TINJAUAN PENGEMBANGAN KONTEKS KESEBANGUNAN BERBASIS MATEMATIKA REALISTIK). PROSIDING SEMIN AR NASIONAL PEMBELAJARAN MA TEMAT IKA SEKOLAH. pp. 320-332. ISSN 97 8-979-16353-4-9

[thumbnail of Prosiding_Semnas_Pembejaran_Mat_6_Des_09.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Semnas_Pembejaran_Mat_6_Des_09.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitiannya adalah untuk menghasilkan bahan ajar, khusus materi Kesebangunan berbasis RME; dan Mengkaji secara komprehensif tentang perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan PMR dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan PMB. Metode penelitian digunakan adalah eksprimental dengan disain kelompok kontrol pretes postes. Kelompok eksperimen menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) dan kelompok kontrol dengan pembelajaran matematika konvensional/biasa (PMB). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri se-Kota Palembang. Sedangkan sampel penelitian adalah SMP Negeri di Kota Palembang dengan level berakreditasi A (Kategori tinggi), berkreditasi B (kategori sedang), dan berakreditasi C (kategori rendah).Subyek sampel ditentukan dengan menggunakan stratified sampling (teknik strata). Penelitian ini melibatkan tiga jenis variabel: variabe l bebas, yaitu Pembelajaran Matematika Realistik dan Pembelajaran Konvensional; variabel terikat, yaitu kemam puan berpikir kritis siswa; dan variabel kontrol, yaitu tingkatan kemampuan siswa dalam matematika (dikatagorikan ke dalam tingkatan pandai, sedang, atau kurang). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, digunakan dua jenis instrumen, yaitu tes. Instrumen dalam bentuk tes terdiri atas seperangkat soal tes untuk mengukur pengetahuan awal matematika siswa, kemampuan berpikir kritis matematik. Berdasarkan analisis data dan pemba hasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa SMP yang menggunakan Pembelajaran Matematika Realistik dibandingkan dengan sisw a SMP yang mengg unakan Pembelajaran Mat ematika Biasa di semua lev el SMP. Kata Kunci : Konteks, Matematika Realistik, Berpikir Kritis

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: doktor Somakim Somakim
Date Deposited: 21 Oct 2019 04:14
Last Modified: 21 Oct 2019 04:14
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/12040

Actions (login required)

View Item View Item