ANALISIS MISKONSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DI PERGURUAN TINGGI NEGERI SUMATERA SELATAN

ULFA, MARIA and Akhsan, Hamdi and Wiyono, Ketang (2018) ANALISIS MISKONSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA DI PERGURUAN TINGGI NEGERI SUMATERA SELATAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_ 84203_ 06111181520019 _0010026901_0022057904_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_ 84203_ 06111181520019 _0010026901_0022057904_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_ 84203_ 06111181520019 _0010026901_0022057904_02.pdf] Text
RAMA_ 84203_ 06111181520019 _0010026901_0022057904_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (674kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 84203_ 06111181520019 _0010026901_0022057904_03.pdf] Text
RAMA_ 84203_ 06111181520019 _0010026901_0022057904_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 84203_ 06111181520019 _0010026901_0022057904_04.pdf] Text
RAMA_ 84203_ 06111181520019 _0010026901_0022057904_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (377kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 84203_ 06111181520019 _0010026901_0022057904_05.pdf] Text
RAMA_ 84203_ 06111181520019 _0010026901_0022057904_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 84203_ 06111181520019 _0010026901_0022057904_06_ref.pdf] Text
RAMA_ 84203_ 06111181520019 _0010026901_0022057904_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (332kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_ 84203_ 06111181520019 _0010026901_0022057904_07_lamp.pdf] Text
RAMA_ 84203_ 06111181520019 _0010026901_0022057904_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis miskonsepsi mahasiswa Pendidikan Fisika di Perguruan Tinggi Negeri Sumatera Selatan. Penelitian ini dilakukan pada 55 mahasiswa Pediddikan Fisika Universitas Sriwijaya dan 13 mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Fatah angkatan 2017. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen DIRECT (Determining and Interpreting Resistive Electric Circuits Concepts Test) berupa soal pilihan ganda sebanyak 16 butir soal dengan alasan terbuka. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang dilengkapi dengan CRI (Certainty of Response Index) termodifikasi dengan skala (0-5). Diperoleh rata-rata pemahaman konsep mahasiswa pendidikan fisika di Perguruan Tinggi Negeri Sumatera Selatan dengan kategori paham konsep 12,54%, paham konsep tetapi tidak yakin 1,42%, mengalami miskonsepsi 52,84%, dan 33,21% mahasiswa yang tidak paham konsep. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat diidentifikasi bahwa mahasiswa Pendidikan Fisika di Perguruaan Tinggi Sumatera Selatan mengalami miskonsepsi pada konsep daya listrik 61,03%, energi listrik 41,18%, beda potensial listrik 51,47%, arus listrik 56,72%, rangkaian seri dan paralel 69,85%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang pemahaman konsep yang terjadi pada mahasiswa Pendidikan Fisika di Perguruan Tinggi Negeri Sumatera Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, CRI (Certainty of Response Index)
Subjects: Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Users 2704 not found.
Date Deposited: 06 Nov 2019 08:43
Last Modified: 06 Nov 2019 08:43
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/15120

Actions (login required)

View Item View Item