Preferensi Penghuni Terhadap Kualitas Infrastruktur Perumahan Rawa Urug di Kota Palembang

Anwar, Widya Fransiska Febriati and Nugroho, Setyo (2015) Preferensi Penghuni Terhadap Kualitas Infrastruktur Perumahan Rawa Urug di Kota Palembang. In: Seminar Nasional Added Value of Energy Resources (AVoER) Ke-6. Fak Teknik, Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of paper_widya_avoer_7_thn_2015.pdf]
Preview
Text
paper_widya_avoer_7_thn_2015.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK: Seiring dengan perkembangan penduduk, lahan rawa di Kota Palembang banyak yang dialihkan menjadi lahan perumahan. Pengurugan lahan rawa yang dilakukan developer telah mengurangi luas resapan dan daya tampung air rawa sehingga menyebabkan banjir. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana preferensi penghuni perumahan terhadap fenomena banjir di kawasan perumahannya dengan memfokuskan pada bagaimana preferensi penghuni terhadap kualitas infrastruktur perumahannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi penghuni dalam menyikapi kualitas infrastruktur sebagai upaya untuk mencari upaya pengendalian pembangunan lahan rawa urug. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metoda kuantiatif dengan menggunakan kuistioner. Deskripsi statistik dan faktor analisis dilakukan untuk mendapatkan preferensi penghuni berdasarkan data dari 125 responden yang mengisi kuistioner pada kurun Juli hingga September 2015. Hasil analisis menunjukkan bahwa penghuni memiliki preferensi akan kualitas infrastruktur yang mengantisipasi banjir berkala melalui pengaturan saluran drainase dan tersedianya area resapan hijau di dalam dan sekitar lingkungan perumahan. Berdasarkan hasil ini disimpulkan bahwa, untuk mengendalikan pembangunan perumahan di kawasan rawa urug, pihak pembuat kebijakan harus mewajibkan pihak developer untuk menyediakan infrastruktur kawasan perumahan yang adaptif terhadap banjir dan terintegrasi dengan sistem drainase perkotaan.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: pembangunan lahan basah, perumahan rawa urug, infrastruktur, preferensi, lowland development, housing, infrastsucture, preference
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA1-9428 Architecture
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 23201-Architecture (S1)
Depositing User: Ph.D. Widya Fransiska Febriati Anwar
Date Deposited: 08 Nov 2019 09:46
Last Modified: 08 Nov 2019 09:46
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/15147

Actions (login required)

View Item View Item